Klasifikasi Genre Musik Menggunakan Learning Vector Quantization dan Self Organizing Map

  • Luh Arida Ayu Rahning Putri Universitas Udayana
  • Sri Hartati Universitas Gadjah Mada

Abstract

Kemudahan dalam memperoleh file musik digital dapat menimbulkan permasalahan dalam pengelolaannya. Klasifikasi genre musik dapat membantu memberikan label genre pada file musik sehingga dapat mempermudah pengelolaan dan pencarian file musik. Permasalahan utama dalam klasifikasi genre musik adalah menemukan kombinasi fitur dan classifier yang dapat memberikan hasil terbaik dalam mengklasifikasi file musik ke dalam genre musiknya.Penelitian ini mengklasifikasi file musik menggunakan kombinasi Learning Vector Quantization (LVQ) dan Self Organizing Map (SOM) berdasarkan pada fitur entropi koefisien wavelet. Kombinasi LVQ dan SOM terletak pada inisialisasi vektor acuan pada jaringan LVQ yang ditentukan berdasarkan hasil clustering data pelatihan menggunakan SOM. Ini diharapkan dapat mengurangi sensitivitas pemilihan vektor acuan yang dipilih langsung dari data pelatihan.Hasil evaluasi menunjukkan bahwa klasifikasi genre musik menggunakan kombinasi LVQ dan SOM memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan menggunakan LVQ saja, namun rata-rata nilai akurasinya masih rendah. Fitur entropi kurang baik dalam mengklasifikasi 10 jenis genre musik, ini ditunjukkan ketika klasifikasi dilakukan menggunakan fitur yang sama namun dengan classifier yang berbeda, akurasi yang dihasilkan juga rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Luh Arida Ayu Rahning Putri, Universitas Udayana
Program Studi Teknik Informatika, Jurusan Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Udayana
Sri Hartati, Universitas Gadjah Mada
Jurusan Ilmu Komputer dan Elektronika, FMIPA Universitas Gadjah Mada
Published
2016-04-01
How to Cite
AYU RAHNING PUTRI, Luh Arida; HARTATI, Sri. Klasifikasi Genre Musik Menggunakan Learning Vector Quantization dan Self Organizing Map. Jurnal Ilmu Komputer, [S.l.], v. 9, n. 1, apr. 2016. ISSN 2622-321X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jik/article/view/26771>. Date accessed: 20 may 2024.
Section
Articles

Keywords

klasifikasi genre musik; Learning Vector Quantization; Self Organizing Map; fitur entropi koefisien wavelet

Most read articles by the same author(s)