IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY (AR) MENGGUNAKAN UNITY 3D DAN VUPORIA SDK

  • Ida Bagus Made Mahendra Universitas Udayana

Abstract

Augmented Reality (AR), adalah teknologi dengan konsep menggabungkan dimensi dunia nyata dengan dimensi dunia maya yang di tampilkan secara realtime. Hal ini dilakukan dengan cara menampilkan objek 3D pada marker yang sudah di tentukan, adalah sebuah pola khusus yang bersifat unik dan dapat dikenali oleh aplikasi. Smartphone memungkinkan pengembangan aplikasi Augmented Reality dengan murah serta dapat diakses oleh banyak pengguna. Augmented Reality dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang salah satunya adalah media pembelajaran untuk melihat langsung binatang, sehingga dapat digunakan sebagai media pemblajaran baru yang interaktif dan diharapkan dapat memacu minat dari kalangan banyak untuk belajar dengan memanfaatkan semartphone yang dipadukan dengan Augmented Reality, selain karena teknologi yang berkembang terus saat ini dengan banyak fitur-fitur baru di dalamnya, maka metode pembelajaran juga harus berkembang seiring dengan majunya perkembangan teknologi saat ini.Dalam hasil penelitian yang telah di lakukan bahwa hasil dari penerapan Augmented Reality (AR) telah berhasil di implementasikan pada smartphone berbasis Android dan iOS dengan menerapkan object 3D binatang ( kuda ) yang ditampilkan ketika smartphone dengan sistem operasi Android atau iOS mentrigger kartu yang berisi pola gambar kuda.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ida Bagus Made Mahendra, Universitas Udayana
Jurusan Ilmu Komputer Universitas Udayana
Published
2016-04-01
How to Cite
MAHENDRA, Ida Bagus Made. IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY (AR) MENGGUNAKAN UNITY 3D DAN VUPORIA SDK. Jurnal Ilmu Komputer, [S.l.], v. 9, n. 1, apr. 2016. ISSN 2622-321X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jik/article/view/26341>. Date accessed: 19 nov. 2024.
Section
Articles

Keywords

Augmented Reality; Android; iOS; pembelajaran interaktif

Most read articles by the same author(s)