Evaluasi User Experience SIPENA Menggunakan Metode User Experience Questionnaire
Abstrak
SIPENA merupakan aplikasi absensi pegawai yang digunakan secara rutin oleh pegawai di Universitas Udayana semenjak awal tahun 2022. Sebagai aplikasi yang baru beroperasi kualitas user experience menjadi krusial dalam memastikan adopsi dan penerimaan yang maksimal dari pengguna. Penggunaan metode User Experience Questionnaire (UEQ) menjadi pendekatan yang relevan dan efektif, karena UEQ dapat memberikan hasil pengukuran yang komprehensif terhadap pengalaman pengguna dengan enam skala, diantaranya: (1) daya tarik (attractiveness), (2) kejelasan (perspicuity), (3) efisiensi (efficiency), (4) ketepatan (dependability), (5) stimulasi (stimulation) dan (6) kebaruan (novelty). Sehingga hasil penelitian dapat memberikan rekomendasi dan panduan bagi pengembangan dan perbaikan aplikasi yang dapat memberikan nilai tambah yang lebih besar bagi lembaga dalam hal efisiensi dan akurasi manajemen data absen.