Evaluasi User Experience SIPENA Menggunakan Metode User Experience Questionnaire

  • I Komang Budi Mas Aryawan ITB STIKOM Bali
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.24843/JIK.2024.v17.i01.p03

Abstrak

SIPENA merupakan aplikasi absensi pegawai yang digunakan secara rutin oleh pegawai di Universitas Udayana semenjak awal tahun 2022. Sebagai aplikasi yang baru beroperasi kualitas user experience menjadi krusial dalam memastikan adopsi dan penerimaan yang maksimal dari pengguna. Penggunaan metode User Experience Questionnaire (UEQ) menjadi pendekatan yang relevan dan efektif, karena UEQ dapat memberikan hasil pengukuran yang komprehensif terhadap pengalaman pengguna dengan enam skala, diantaranya: (1) daya tarik (attractiveness), (2) kejelasan (perspicuity), (3) efisiensi (efficiency), (4) ketepatan (dependability), (5) stimulasi (stimulation) dan (6) kebaruan (novelty). Sehingga hasil penelitian dapat memberikan rekomendasi dan panduan bagi pengembangan dan perbaikan aplikasi yang dapat memberikan nilai tambah yang lebih besar bagi lembaga dalam hal efisiensi dan akurasi manajemen data absen.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2024-04-30
##submission.howToCite##
BUDI MAS ARYAWAN, I Komang. Evaluasi User Experience SIPENA Menggunakan Metode User Experience Questionnaire. Jurnal Ilmu Komputer, [S.l.], v. 17, n. 1, p. 10, apr. 2024. ISSN 2622-321X. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jik/article/view/105011>. Tanggal Akses: 15 oct. 2025 doi: https://doi.org/10.24843/JIK.2024.v17.i01.p03.