ANALISIS PELAYANAN FASILITAS PEJALAN KAKI ( Studi kasus : Kawasan Kuta jalan Kartika Plaza Kabupaten Badung)

  • I Gst Bgs Km Hendrayana Jurusan Teknik Sipil, FT. UNUD
  • D.M. Priyantha Wedagama Dosen Jurusan Teknik Sipil, FT. UNUD
  • Ida Bagus Putu Widiarta Dosen Jurusan Teknik Sipil, FT. UNUD

Abstract

Abstrak : Pada jalan Kartika Plaza Kuta banyak permasalahan terkait fasilitas pejalan kaki yang dapat menyebabkan konflik antara pejalan kaki dengan arus lalu lintas yang dapat menimbulkan hambatan, kemacetan, dan membahayakan pemakai jalan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis karakteristik dan tingkat pelayanan pejalan kaki serta jenis fasilitas penyeberangan. Hasil analisis karakteristik dan tingkat pelayanan pejalan kaki menunjukkan bahwa untuk trotoar timur arus pejalan kaki terbesar yaitu pada pengamatan siang sebesar 235 orang/m/jam dengan kecepatan rata-rata ruang sebesar 292 m/menit, kepadatan sebesar  1 org/74,62 m2, dan ruang sebesar74,62 m²/orang. Untuk trotoar barat arus pejalan kaki terbesar yaitu pada pengamatan malam 163,16 orang/m/jam dengan kecepatan rata-rata ruang sebesar 277 m/menit, kepadatan sebesar  1 org/102,04m2, dan ruang sebesar102,04 m²/orang. Pada masing-masing jam puncak berada pada kategori tingkat pelayanan fasilitas pejalan kaki “A”. Jenis fasilitas penyeberangan, yaitu zebra cross dengan pelikan.

Abstract : There are many problems related to pedestrian facilities in Kartika Plaza Street Kuta. This problem may cause conflicts between pedestrian and motor vehicles. This study aims to analysis the characteristics and level of service of pedestrian facilities and the location of pedestrian crossing. The study result showing that during day time eastern footway pedestrian flows, average speed of space, density and space were 235 persons/m/hour, 292 m/minute, 1 person/74,62 m² and 74,62 m²/person respectively. During nighttime for western footway pedestrian flows, average speed of space, density and space were 163 person/m/hour, 277 m/minute, 1 person/102,04 m² and 102,04 m²/person respectively. On each those peak hours, the pedestrian facilities level of service is excellent “A”. The recommended pedestrian crossing is pelican crossing.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-02-01
How to Cite
HENDRAYANA, I Gst Bgs Km; WEDAGAMA, D.M. Priyantha; WIDIARTA, Ida Bagus Putu. ANALISIS PELAYANAN FASILITAS PEJALAN KAKI ( Studi kasus : Kawasan Kuta jalan Kartika Plaza Kabupaten Badung). Jurnal Ilmiah Elektronik Infrastruktur Teknik Sipil, [S.l.], feb. 2013. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jieits/article/view/5099>. Date accessed: 09 may 2024.
Section
Articles

Keywords

Karakteristik Pejalan Kaki, Tingkat Pelayanan Fasilitas Pejalan Kaki, Fasilitas Penyeberangan