PENERAPAN STANDAR SISTEM MANAJEMEN MUTU (ISO) 9001:2008 PADA KONTRAKTOR PT. TUNAS JAYA SANUR (Studi kasus : Proyek Pembangunan Apartment & Shopping Arcade Sea Sentosa Hotel)

  • Made Arya Wira Santosa Jurusan Teknik Sipil, FT. UNUD
  • I.A. Rai Widhiawati Dosen Jurusan Teknik Sipil, FT. UNUD
  • Gede Astawa Diputra Dosen Jurusan Teknik Sipil, FT. UNUD

Abstract

Abstrak : Mutu adalah suatu citra yang sangat didambakan oleh setiap kontraktor dalam memberikan jasa kepada pemilik proyek, baik dalam hal jasa pelayanan maupun jasa produksi. Pengertian mutu dalam konteks industri jasa konstruksi dapat didefinisikan melalui berbagai pendekatan, tetapi pada prinsipnya adalah conformance to requirement, yaitu hasil yang dikerjakan sesuai dengan apa yang diisyaratkan atau yang distandarkan. PT. Tunas Jaya Sanur sebagai suatu perusahaan yang bergerak pada bidang jasa konstruksi telah mendapatkan sertifikat ISO 9001:2008 dan menerapkannya dalam pelaksanaan proyek-proyek jasa konstruksi, salah satunya pada proyek pembangunan Apartment & Shopping Arcade Sea Sentosa Hotel. Permasalahan yang diangkat adalah bagaimana penerapan standar mutu ISO 9001:2008 dan faktor-faktor apa yang menjadi kendala dalam penerapan standar mutu yang mempengaruhi nilai penerapan ISO 9001:2008 pada proyek pembangunan Apartment & Shopping Arcade Sea Sentosa Hotel. Dalam pelaksanaan proyek konstruksi tersebut, maka dilakukan wawancara dengan personil yang terkait dalam pelaksanaan proyek konstruksi dan observasi pada pelaksanaan konstruksi tersebut. Penilaian penerapan standar mutu ISO 9001:2008 (klausul 4 sampai dengan klausul 8) ini didapat dengan metode skor audit dan skala pengukuran variabel menggunakan Skala Likert. Dari hasil analisis data penerapan standar mutu ISO 9001:2008 pada proyek pembangunan Apartment & Shopping Arcade Sea Sentosa Hotel didapat persentase rata-rata penilaian penerapan klausul 4 sampai dengan klausul 8 sebesar 85,69% termasuk kategori sangat baik (81% ? Skor ? 100%). Faktor-faktor yang menjadi kendala dalam penerapan ISO 9001:2008 adalah faktor tenaga kerja (SDM), metode atau prosedur kerja, dan material atau form atau dokumen.

Abstrack : The image quality is a very coveted by any contractor in providing services to the project developer, whether in respect to service production and services. Understanding the quality of construction in the context of the service industry can be defined through various approaches, but can in principle is conformance to requirement, that is the result of work to be done in accordance with what standaritation. PT. Tunas Jaya Sanur as a company that moves in the fields of construction service has certificate 900:2008 and apply it in the implementation of construction projects, services one of them is the construction of apartment & shopping arcade sea sentosa the hotel. The problems raised is how the implementation of standards certificate is given 9001: 2008 and factors what becomes an obstacle in the implementation of standards of quality that affects the value of the application of iso 9001: 2008 on the construction of apartment & shopping arcade sea sentosa the hotel. In a construction project, the implementation of the then done an interview with personnel involved in the implementation of a construction project and observation on the implementation of construction. An assessment of the implementation of standards certificate is given 9001: 2008 ( a clause with a clause 4 to 8 ) is obtainable by method score audient and a scale of measurement variable using a scale likert. From the analysis of data the implementation of standards certificate is given 9001: 2008 on the construction of apartment & ampères. ; shopping arcade sea sentosa hotel acquired a percentage of the average an assessment of the application of a clause with a clause 4 to 8 % as much as 85,69 in the category of very good (81% ? Score ? 100%). Any factor that becomes an obstacle in the implementation of iso 9001: 2008 is a factor of manpower, the method or procedure work, and material or form or document.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-02-01
How to Cite
SANTOSA, Made Arya Wira; WIDHIAWATI, I.A. Rai; DIPUTRA, Gede Astawa. PENERAPAN STANDAR SISTEM MANAJEMEN MUTU (ISO) 9001:2008 PADA KONTRAKTOR PT. TUNAS JAYA SANUR (Studi kasus : Proyek Pembangunan Apartment & Shopping Arcade Sea Sentosa Hotel). Jurnal Ilmiah Elektronik Infrastruktur Teknik Sipil, [S.l.], feb. 2013. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jieits/article/view/5096>. Date accessed: 05 nov. 2024.
Section
Articles

Keywords

Sistem Manajemen Mutu, ISO 9001:2008, Klausul, Skala Likert