IMPLEMENTASI SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001: 2008 PADA PROYEK ALAYA RESORT UBUD

  • Putu Gede Benny Artha Jurusan Teknik Sipil, FT. UNUD
  • I.B. Rai Adnyana Dosen Jurusan Teknik Sipil, FT. UNUD
  • I.A. Rai Widhiawati Dosen Jurusan Teknik Sipil, FT. UNUD

Abstract

Abstrak : Sistem manajemen mutu merupakan suatu standar sistem, bukan standar produk, dimana dalam penggunaan standar sistem pelaksanaan pekerjaan yang akan dilaksanakan direncanakan dengan sistematis. Dalam upaya mengetahui wujud aplikasinya dilapangan, maka dilakukan penelitian mengenai implementasi  sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 pada proyek Alaya Resort Ubud, dimana PT.Tunas Jaya Sanur  sebagai kontraktor dan PT. Ratio Construction sebagai Pengawas proyek.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat implementasi standar sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 dan kendala dalam implementasi pada proyek pembangunan Alaya Resort Ubud.

Untuk mengetahui tingkat implementasi standar mutu ISO 9001:2008 maka dilakukan observasi dan wawancara menggunakan kuisioner dengan 126 pertanyaan. Penilaian tingkat implementasi  standar mutu ISO 9001:2008 ini didapat dengan metode skor audit dan skala pengukuran variabel menggunakan skala likert.

Hasil analisa tingkat implementasi standar mutu ISO 9001:2008 adalah “Sangat Baik” dengan persentasenya sebesar 88,57%  (80%-100%) dan kendala dalam implementasi  ISO 9001:2008 adalah adanya beberapa kegiatan di proyek yang tidak didokumentasikan serta kurangnya konsistensi para staff melaksanakan  prosedur operasi sistem manajemen mutu sehingga implementasi  ISO 9001:2008 belum mencapai 100%.

Abstract : The Quality Management System is a system standard, non-standard products, where the use of a standard system implementation of the work to be carried out systematically planned. In an effort to determine the form of the application field, then conducted research on the implementation of the quality management system ISO 9001:2008 in the project Alaya Resort Ubud. The PT.Tunas Jaya as contractor and PT. Ratio Construction as project supervisor.

To determine the level of implementation of the ISO 9001:2008 quality standard observations and interviews using a questionnaire with 126 questions. Assessment of the level of implementation of the ISO 9001:2008 quality standard is obtained by the method of audit scores and make use of the variable measurement scale Likert scale.

The results of the analysis of the level of implementation of the ISO 9001:2008 quality standard is "Very Good" with the percentage of 88.57% (80% -100%) and the constraints in implementing ISO 9001:2008 is the presence of some of the activities in the project that can not be documented and the lack of consistency of the staff implement operating procedures so that the quality management system ISO 9001:2008 implementation has not reached 100%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-02-01
How to Cite
BENNY ARTHA, Putu Gede; ADNYANA, I.B. Rai; WIDHIAWATI, I.A. Rai. IMPLEMENTASI SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001: 2008 PADA PROYEK ALAYA RESORT UBUD. Jurnal Ilmiah Elektronik Infrastruktur Teknik Sipil, [S.l.], feb. 2013. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jieits/article/view/5090>. Date accessed: 21 nov. 2024.
Section
Articles

Keywords

sistem manajemen mutu, implementasi ISO 9001:2008.