PELAKSANAAN INTERVENSI PENCEGAHAN PENULARAN HIV DARI IBU KE ANAK (PPIA) DI RSUP SANGLAH DENPASAR TAHUN 2007-2011

  • Saputri, L. O
  • Niruri, R.
  • Kumara, K. D.

Abstract

Sejak dibentuknya program Pencegahan Penularan HIV dari Ibu ke Anak (PPIA) di RSUP Sanglah Denpasar pada tahun 2005, diketahui bahwa masih terdapat anak yang lahir dari ibu penderita HIV/AIDS yang didiagnosa berstatus HIV positif. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh gambaran mengenai pelaksanaan intervensi PPIA di RSUP Sanglah Denpasar berupa penegakkan status HIV pada ibu hamil, penggunaan ARV perinatal pada ibu hamil yang positif terinfeksi HIV, persalinan yang aman, pemberian ARV profilaksis pada anak, tatalaksana pemberian makanan pada bayi, dan pemeriksaan diagnosik HIV pada anak.

Penelitian observasional  dengan  jenis penelitian  cross-sectional ini dilakukan terhadap 29 pasangan ibu penderita HIV dan anak yang dilahirkannya yang mengikuti program PPIA di RSUP Sanglah Denpasar antara tahun 2007-2011 dengan status HIV anak telah diketahui.

Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil bahwa 29 ibu(100%) diketahui telah menegakkan status terinfeksi HIV sebelum kelahiran anak dan ARV diberikan sesegera mungkin bagi ibu-ibu tersebut.Dua puluh Sembilan anak(100%) yang dilahirkan oleh ibu  penderita HIV yang mengikuti program PPIA juga diberikan ARV profilaksis. Sebanyak 28 anak tersebut (96,55%) diketahui lahir secara seksio sesaria, sedangkan hanya 1 (3,45%) lahir pervaginam. Dua puluh sembilan(100%) anak tersebut diberikan formula eksklusif hingga usia 6 bulan. Setelah penegakkan diagnostik HIV pada anak dilakukan, diketahui bahwa seluruh (100%) anak tersebut berstatus HIV negatif.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Saputri, L. O
Mahasiswa Jurusan Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Udayana.
Niruri, R.
Jurusan Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Udayana.
Kumara, K. D.
Bagian Ilmu Kesehatan Anak RSUP Sanglah Denpasar/ Fakultas Kedokteran Universitas
How to Cite
L. O, Saputri,; R., Niruri,; K. D., Kumara,. PELAKSANAAN INTERVENSI PENCEGAHAN PENULARAN HIV DARI IBU KE ANAK (PPIA) DI RSUP SANGLAH DENPASAR TAHUN 2007-2011. Jurnal Farmasi Udayana, [S.l.], dec. 2013. ISSN 2622-4607. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jfu/article/view/7389>. Date accessed: 08 may 2024.
Section
Articles

Keywords

HIV, PPIA, Perinatal, Transmisi Vertikal

Most read articles by the same author(s)