Identifikasi Mutasi Gen rpoB Pada Daerah Hulu RRDR Mycobacterium Tuberculosis Multidrug Resistent Isolat P10

  • M. A. Pratiwi
  • K. Ratnayani
  • S.C. Yowani

Abstract

Multidrug Resistant Tuberculosis (MDR-TB) merupakan tuberculosis yang disebabkan oleh strain M.tuberculosis yang resistan sekurang-kurangnya terhadap obat antituberculosis lini pertama yaitu rifampisin dan isoniazid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mutasi dan perubahan asam amino pada isolat MDR-TB P10 fragmen daerah hulu RRDR (Rifampisin Resistance Determining Region) (125-421) Gen rpoB. Amplifikasi dilakukan dengan menggunakan metode Multiplex Polymerase Chain Reaction (Multiplex PCR) dengan menggunakan sepasang primer FrL2 5’CTAAGCTGC GCGAACCACTTGA3’ dan RevL2 5’TGATGAACTCGGCGGTGAC GAA3’. Produk PCR, disekuensing untuk mendapatkan urutan nukleotida. Analisis mutasi dilakukan dengan menggunakan program MEGA4.

Dari penelitian yang dilakukan didapatkan bahwa metode multiplex PCR telah berhasil mengamplifikasi fragmen target yang berukuran 0,3kb dan 0,5kb. Proses sekuensing yang dilakukan menghasilkan pembacaan nukleotida sebanyak 254 basa. Analisis mutasi nukleotida menunjukkan bahwa ternyata pada isolat P10 tidak terdapat mutasi pada daerah hulu RRDR.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

M. A. Pratiwi
Jurusan Farmasi-Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam-Universitas Udayana
K. Ratnayani

Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam-Universitas Udayana

Kelompok Studi MDR & XDR-TB-Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam-Universitas Udayana

S.C. Yowani

Jurusan Farmasi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam-Universitas Udayana

Kelompok Studi MDR & XDR-TB-Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam-Universitas Udayana

How to Cite
PRATIWI, M. A.; RATNAYANI, K.; YOWANI, S.C.. Identifikasi Mutasi Gen rpoB Pada Daerah Hulu RRDR Mycobacterium Tuberculosis Multidrug Resistent Isolat P10. Jurnal Farmasi Udayana, [S.l.], sep. 2015. ISSN 2622-4607. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jfu/article/view/15835>. Date accessed: 02 may 2024.
Section
Articles

Keywords

MDR-TB; Gen rpoB; multiplex PCR; Isolat P10