Pengaruh Kombinasi Asam Oleat dan Minyak Atsiri Bunga Kamboja Cendana (Plumeria alba) sebagai Permeation Enhancer terhadap Karakter Fisik dan Pelepasan Ketoprofen dari Matriks Patch Transdermal

  • E.I. Setyawan, Jurusan Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana
  • N.A. Triani, Jurusan Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana
  • D.K. Budiputra, Jurusan Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana

Abstract

Ketoprofen adalah obat antiinflamasi non-steroid yang dapat menimbulkan iritasi pada saluran gastrointestinal, sehingga diperlukan jalur pemberian alternatif yaitu dengan patch transdermal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kombinasi asam oleat dengan minyak atsiri bunga kamboja cendana (Plumeria alba) sebagai permeation enhancer terhadap karakter fisik dan pelepasan ketoprofen dari matriks patch transdermal. Penelitian ini dilakukan dengan menguji delapan formula yang diperoleh dari software Design Expert versi 7 menggunakan simplex lattice design dengan perbandingan asam oleat:minyak atsiri bunga kamboja cendana sebesar 0:1; 0:1; 0,75:0,25; 0,5:0,5; 1:0; 1:0; 0,25:0,75 dan 0,5:0,5. Pengujian yang dilakukan meliputi pengujian karakter fisik (bobot, ketebalan, susut pengeringan, ketahanan lipatan) dan efisiensi disolusi. Data yang dihasilkan dianalisis secara statistik menggunakan ANOVA two-way dengan taraf kepercayaan 95%. Formula optimal ditentukan oleh software Design Expert versi 7. Penentuan profil dan fluks ketoprofen dianalisis menggunakan Solver. Hasil uji yang diperoleh dari kedelapan formula untuk bobot, ketebalan, susut pengeringan dan efisiensi disolusi adalah berbeda signifikan secara statistik (p<0,05), namun tidak berbeda signifikan pada uji ketahanan lipatan matriks patch (p>0,05). Formula optimal yang diperoleh yaitu perbandingan komposisi asam oleat:minyak atsiri bunga kamboja cendana sebesar 0:1 dengan bobot sebesar 1,729 gram, tebal 0,414 mm, persentase susut pengeringan sebesar 7,88% dan nilai efisiensi disolusi sebesar 81,18% selama 300 menit. Mekanisme pelepasan ketoprofen dari matriks patch mengikuti kinetika Kosmeyer Peppas dengan nilai R2 sebesar 0,97. Nilai konstanta kecepatan disolusi (k) yang diperoleh adalah sebesar 2,24 mg/jam.cm2 dengan nilai eksponensial difusi (n) sebesar 0,21.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
SETYAWAN,, E.I.; TRIANI,, N.A.; BUDIPUTRA,, D.K.. Pengaruh Kombinasi Asam Oleat dan Minyak Atsiri Bunga Kamboja Cendana (Plumeria alba) sebagai Permeation Enhancer terhadap Karakter Fisik dan Pelepasan Ketoprofen dari Matriks Patch Transdermal. Jurnal Farmasi Udayana, [S.l.], sep. 2015. ISSN 2622-4607. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jfu/article/view/15460>. Date accessed: 04 may 2024.
Section
Articles

Keywords

Ketoprofen, asam oleat, minyak atsiri bunga kamboja cendana (Plumeria alba), matriks patch transdermal.