Pengaruh Jenis Pasir Cetak dengan Zat Pengikat Bentonit Terhadap Sifat Permeabilitas dan Kekuatan Tekan Basah Cetakan Pasir (Sand Casting)

  • I Made Astika
  • DNK Putra Negara
  • Made Agus Susantika

Abstract

Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap hasil coran logam adalah cetakan yang digunakan. Kesalahandalam pembuatan cetakan bisa menyebabkan terjadinya cacat pada proses pengecoran. Penyebab utama terjadinya cacatpada proses pengecoran yaitu sifat-sifat dari cetakan seperti permeabilitas, kekuatan tekan cetakan, dan sintering poin yangrendah serta distribusi butiran pasir tidak sesuai. Sifat-sifat cetakan itu sendiri sangat tergantung pada distribusi besar butirpasir cetak, persentase zat pengikat dan persentase kadar air, sehingga perlu adanya penelitian untuk mendapatkan jenispasir cetak yang cocok sebagai cetakan pasir pada pengecoran logam.Dalam penelitian ini digunakan jenis pasir laut, pasir gunung dan pasir sungai, dengan variasi zat pengikatbentonit 4%, 6%, dan 8%, dan kadar air 4%. Pengujian yang dilakukan adalah uji kekuatan tekan dan permeabilitas.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan zat pengikat bentonit berpengaruh terhadap sifat permeabilitasdan kekuatan tekan cetakan pasir, sedangkan jenis pasir tidak memberikan pengaruh yang nyata. Permeabilitas cetakanpasir paling tinggi diperoleh pada penggunaan pasir gunung dengan zat pengikat bentonit 4% yaitu sebesar 24,71 cm3/min,dan kekuatan tekan pasir cetak paling tinggi diperoleh pada penggunaan pasir laut dengan zat pengikat bentonit 8% yaitusebesar 0,78 N/cm2

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

I Made Astika
Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Udayana
DNK Putra Negara
Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Udayana
Made Agus Susantika
Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Udayana
How to Cite
ASTIKA, I Made; PUTRA NEGARA, DNK; AGUS SUSANTIKA, Made. Pengaruh Jenis Pasir Cetak dengan Zat Pengikat Bentonit Terhadap Sifat Permeabilitas dan Kekuatan Tekan Basah Cetakan Pasir (Sand Casting). Jurnal Energi Dan Manufaktur, [S.l.], nov. 2012. ISSN 2541-5328. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jem/article/view/2332>. Date accessed: 30 may 2020.
Section
Articles

Keywords

Pasir gunung, pasir sungai, pasir laut, permeabilitas, kekuatan tekan

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>