IDENTIFIKASI DAN UJI AKTIVITAS SENYAWA TRITERPEN DARI DAUN TREMBESI (Samanea saman (Jacq.) Merr) TERHADAP Escherichia coli

  • I Gede Putra Sedana Universitas Udayana
  • Wiwik Susnah Rita Universitas Udayana
  • I Made Suthanegara Universitas Udayana

Abstract

Isolasi dan identifikasi senyawa triterpen dari daun trembesi (Samanea saman (Jacq.) Merr) dan uji aktivitasnya terhadap Escherichia coli (E.coli) telah dilakukan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui karakteristik senyawa triterpen yang terdapat dalam daun trembesi serta aktivitasnya terhadap E.coli. Ekstraksi dilakukan dengan metode maserasi dan partisi, pemisahan senyawa dilakukan dengan kromatografi kolom, sedangkan uji aktivitas terhadap E.coli dengan metode difusi cakram, dan identifikasi dilakukan dengan spektrofotometer Ultraviolet-visible (UV-vis) dan Inframerah. Sebanyak 1 kg serbuk kering daun trembesi dimaserasi dengan etanol menghasilkan 73,38 g ekstrak pekat etanol. Ekstrak pekat etanol dilarutkan dengan etanol: air (3:7), kemudian etanol diuapkan sehingga diperoleh ekstrak air. Ekstrak air dipartisi dengan n-heksana dan kloroform sehingga diperoleh ekstrak n-heksana, kloroform dan air, selanjutnya ekstrak n-heksana, kloroform, dan air diuji dengan pereaksi Liebermann-Burchard. Hasil uji fitokimia menunjukkan ekstrak kloroform mengandung triterpen. Ekstrak n-heksana dan kloroform selanjutnya diuji aktivitanya terhadap E.coli. Hasil uji aktivitas ekstrak n-heksana dan kloroform terhadap E.coli pada konsentrasi yang diterapkan (15% b/v), tidak menunjukkan aktivitas terhadap E.coli. Pemisahan kromatografi kolom dengan eluen etil asetat : kloroform : n-heksana (4 : 2 : 2) diperoleh lima isolat namun hanya isolat C (Rf 0,58) yang memberikan hasil positif mengandung senyawa triterpen. Hasil uji kemurnian menunjukkan bahwa isolat relatif murni secara KLT. Hasil identifikasi menggunakan spektrofotometer inframerah menunjukkan bahwa isolat diduga mengandung gugus fungsi –OH terikat, CH alifatik, C-H aldehid, C=O, C=C alifatik, dan C-O alkohol, serta memberikan puncak pada panjang gelombang 279,40 nm dengan absorbansi 0,714. Hasil uji isolat terhadap E.coli tidak menunjukkan aktivitas terhadap bakteri E.coli.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

I Gede Putra Sedana, Universitas Udayana
Chemistry
Wiwik Susnah Rita, Universitas Udayana
Chemistry
I Made Suthanegara, Universitas Udayana
Chemsitry
Published
2016-07-01
How to Cite
SEDANA, I Gede Putra; RITA, Wiwik Susnah; SUTHANEGARA, I Made. IDENTIFIKASI DAN UJI AKTIVITAS SENYAWA TRITERPEN DARI DAUN TREMBESI (Samanea saman (Jacq.) Merr) TERHADAP Escherichia coli. Jurnal Kimia (Journal of Chemistry), [S.l.], july 2016. ISSN 2599-2740. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jchem/article/view/21444>. Date accessed: 19 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JCHEM.2016.v10.i02.p14.
Section
Articles

Keywords

Samanea saman (Jacq.) Merr, triterpen, Escherichia coli