Goiter Multinodul dengan Pelebaran ke Retrosternal: Laporan Kasus

  • Gede Budhi Setiawan Divisi Bedah Onkologi, Departemen Ilmu Bedah, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah, Denpasar, Bali

Abstract

Latar belakang: goiter multinodul retrosternal merupakan massa tiroid yang meluas sampai sternum hingga mengisi ruang inlet torakal. Dapat disebut retrosternal multinodul tiroid apabila massa tiroid lebih dari separuhnya berada di dalam inlet torakal. Pembedahan merupakan pilihan utama. Pilihan pembedahan yaitu dengan insisi collar dan sternotomi, clamshell insisi, bahkan sampai thorakotomi. Kasus: dilaporkan kasus pasien wanita 62 tahun dengan goiter multinodul hingga retrosternal. Hasil USG menunjukkan struma diffusa kiri dengan kista multipel kompleks pada tiroid kanan. CT Scan didapatkan massa tiroid multipel kiri dengan gambaran nekrosis sentral dan kalsifikasi egg shell, dan infiltrasi toraks. Dari foto toraks didapatkan massa di leher kiri yang meluas hingga rongga toraks yang tampak mendesak trakea ke kanan. Telah dilakukan total tiroidektomi, sternotomi, dan trakeostomi. Simpulan: Operasi pengangkatan goiter substernal dapat dilakukan dengan pendekatan leher di sebagian besar pasien tetapi dalam beberapa kondisi, pasien melakukan pendekatan leher dan sternotomi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-16
How to Cite
SETIAWAN, Gede Budhi. Goiter Multinodul dengan Pelebaran ke Retrosternal: Laporan Kasus. JBN (Jurnal Bedah Nasional), [S.l.], v. 2, n. 2, p. 60-63, sep. 2018. ISSN 2548-981X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jbn/article/view/41697>. Date accessed: 18 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JBN.2018.v02.i02.p05.