PERAN DAN PENGEMBANGAN INDUSTRI KREATIF DALAM MENDUKUNG PARIWISATA DI DESA MAS DAN DESA PELIATAN, UBUD

  • Putri Diana PS. S1 Industri Perjalanan Wisata, Fakultas Pariwisata, Universitas Udayana
  • I Ketut Suwena PS. S1 Industri Perjalanan Wisata, Fakultas Pariwisata, Universitas Udayana
  • Ni Made Sofia Wijaya PS. S1 Industri Perjalanan Wisata, Fakultas Pariwisata, Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran kerajinan tangan (Handicraft) dalam mendukung pariwisata di Desa Mas dan Desa Peliatan, Ubud Bali. Selain itu untuk mengetahui bagaimana pengembangannya jika dilihat dari analisis internal dan eksternal.


Penelitian ini dilakukan dengan metode kulaitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi tempat terlebih dahulu di sebuah Gallery dan sentra kerjainan  yang kemudian akan di jadikan tempat penelitian, kemudian melakukan wawancara dengan pemilik dan pengerajin yang ada di gallery kerajinan, seletah itu dilakukannya dokumentasi. Metode Dalam menentukan informan yaitu menggunakan purposive sampling. Alasan pemilihan teknik purposive sampling adalah Pemilihan Informan didasarkan atas kemampuannya dalam memberikan data yang akurat dan ditentukan secara purposif yang mana nrrasumber yang terpilih yaitu pihak-pihak terkait antara lain pengelola atau pemilik gallery dan setra kerajinan kemudian kepada pengerajin. Data yang terkumpul dari hasil dan pembahasan menggunakan konsep peran marayarakat sebagai pengelola industri kerajinan, pengertian pariwisata, dan pengertian pengembangan.


Hasil ini menunjukan bahwa industri kreatif kerajinan tangan dan seni lukis yang ada di Desa Mas dan Desa Peliatan sangat memberi pengaruh positif. Kegiatan di bidang seni karajinan kayu dan seni lukis tidak saja memberi manfaat bagi penciptaan lapangan kerja, tetapi juga memberi keuntungan lain yang berkait dengan kesejahteraan warga masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-12-29
How to Cite
DIANA, Putri; SUWENA, I Ketut; SOFIA WIJAYA, Ni Made. PERAN DAN PENGEMBANGAN INDUSTRI KREATIF DALAM MENDUKUNG PARIWISATA DI DESA MAS DAN DESA PELIATAN, UBUD. Jurnal Analisis Pariwisata, [S.l.], v. 17, n. 2, p. 84-92, dec. 2017. ISSN 1410-3729. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jap/article/view/36485>. Date accessed: 26 apr. 2024.