SISTEM KERJA DENGAN PENDEKATAN ERGONOMI TOTAL MENGURANGI KELUHAN MUSKULOSKELETAL, KELELAHAN DAN BEBAN KERJA SERTA MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS PEKERJA INDUSTRI GERABAH DI KASONGAN, BANTUL

  • Hari Purnomo
  • Adnyana Manuaba
  • Nyoman Adiputra

Abstract

Era globalisisi saat ini, industri kecil dituntut untuk meningkatkan produktivitasagar dapat bersaing untuk kelangsungan hidup. Dalam upaya meningkatkan produktivitaskerja perlu adanya usaha yang kondusif untuk mengoptimalkan sistem kerja. Peningkatanproduktivitas akan tercapai jika semua komponen dalam sistem kerja dirancang secaraergonomis. Sistem kerja pada industri gerabah di Kasongan Bantul banyak melibatkanaktivitas fisik, sehingga perlu sistem kerja yang ergonomi untuk dapat meningkatkanproduktivitas. Pada penelitian ini dilakukan perbaikan sistem kerja pada industri gerabahdi Kasongan dengan pendekatan ergonomi total. Rancangan penelitian yang digunakanadalah rancangan eksperimental yang menggunakan randomized pre and post-test controlgroup design dengan jumlah sampel 14 orang untuk masing-masing kelompok. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa sistem kerja dengan pendekatan ergonomi total dapat : (a)menurunkan keluhan muskuloskeletal pekerja sebesar 87,8% ; (b) menurunkan kelelahanpekerja sebesar 77,5% ; (c) menurunkan beban kerja pekerja sebesar 21,55 denyut/menitatau sebesar 21,69% ; (d) menurunkan risiko cedera di tempat kerja sebesar 10,65% ; (e)meningkatkan produktivitas pekerja sebesar 59,49% ; dan (f) meningkatkan pendapatanpekerja sebesar 23,81% dan meningkatkan pendapatan perusahaan sebesar 76,19%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Hari Purnomo
Program Pascasarjana Program Studi Ilmu KedokteranUniversitas Udayana Denpasar
Adnyana Manuaba
Program Pascasarjana Program Studi Ilmu KedokteranUniversitas Udayana Denpasar
Nyoman Adiputra
Program Pascasarjana Program Studi Ilmu KedokteranUniversitas Udayana Denpasar
How to Cite
PURNOMO, Hari; MANUABA, Adnyana; ADIPUTRA, Nyoman. SISTEM KERJA DENGAN PENDEKATAN ERGONOMI TOTAL MENGURANGI KELUHAN MUSKULOSKELETAL, KELELAHAN DAN BEBAN KERJA SERTA MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS PEKERJA INDUSTRI GERABAH DI KASONGAN, BANTUL. INDONESIAN JOURNAL OF BIOMEDICAL SCIENCES, [S.l.], nov. 2012. ISSN 2302-2906. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/ijbs/article/view/3659>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

Sistem kerja, ergonomi total, produktivitas

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>