THE DIFFERENCE OF MENSTRUAL CYCLE BASED ON BODY MASS INDEX IN STUDENTS STUDY PROGRAM OF MEDICINE, FACULTY OF MEDICINE, UDAYANA UNIVERSITY SEMESTER II-VI ACADEMIC YEAR 2021-2022

  • Putu Jegeg Shinta Damarahayu Mahasiswa FK UNUD
  • I Nyoman Bayu Mahendra
  • Tjokorda Gde Agung Suwardewa
  • I.B.Gede Fajar Manuaba

Abstract




Menstruasi merupakan suatu tanda awal dimana fungsi reproduksi wanita telah matang, menstruasi normalnya terjadi secara periodik setiap bulan yang disebut dengan siklus menstruasi.Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi siklus menstruasi salah satunya adalah indeks massa tubuh(IMT) yang merupakan hasil ukur yang menggambarkan status gizi seseorang.Lemak dalam tubuh berperan dalam pembentukan hormon estrogen dimana gambaran lemak dalam tubuh dapat dinilai dengan IMT.Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk mengetahui perbedaan siklus menstruasi berdasarkan indeks massa tubuh.Penelitian ini menggunakan rancangan analitik observasional dengan pendekatan potong lintang dimana sampel pada penelitian ini merupakan mahasiswi sarjana kedokteran semester II-VI di FK UNUD melalui kuisioner dan pengukuran indeks massa tubuh.Indeks massa tubuh dikategorikan underweight,normal,overweight dan obesitas berdasarkan kategori WHO dan siklus menstruasi dikageorikan normal atau tidaknya dari lamanya siklus yang normalnya 21-35 hari.Hasil analisis data menemukan tidak adanya hubungan signifikan antara IMT dengan siklus menstruasi (p>0.05) berdasarkan hasil uji statistik chi-square test.Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan antara IMT normal maupun tidak dengan normal tidaknya siklus menstruasi.




Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-25
How to Cite
DAMARAHAYU, Putu Jegeg Shinta et al. THE DIFFERENCE OF MENSTRUAL CYCLE BASED ON BODY MASS INDEX IN STUDENTS STUDY PROGRAM OF MEDICINE, FACULTY OF MEDICINE, UDAYANA UNIVERSITY SEMESTER II-VI ACADEMIC YEAR 2021-2022. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 71-75, jan. 2024. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/95603>. Date accessed: 10 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MU.2024.V13.i01.P14.

Most read articles by the same author(s)