UJI AKTIVITAS ANTIIFLAMASI GEL EKSTRAK ETANOL BIJI JENITRI (Elaeocarpus serratus L.) PADA MENCIT PUTIH JANTAN (Mus musculus L.) YANG DIINDUKSI KARAGENAN

  • Debby Juliadi Mahasaraswati University
  • I Gede Made Suradnyana Departemen Farmasetika Fakultas Farmasi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Made Dharma Shantini Suena Departemen Farmasetika Fakultas Farmasi Universitas Mahasaraswati Denpasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas antiinflamasi gel ekstrak etanol biji jenitri (Elaeocarpus serratus L.) pada mencit putih jantan (Mus musculus L.) yang diinduksi karagenan serta untuk mengetahui dosis optimal gel ekstrak etanol biji jenitri dalam menghambat inflamasi. Metode yang digunakan adalah Paw Udema. Penelitian ini menggunakan 24 ekor mencit putih jantan yang dibagi menjadi 4 kelompok perlakuan. Kelompok 1 diberikan gel tanpa ekstrak, kelompok 2 diberikan natrium diklofenak gel, kelompok 3 dan 4 diberikan gel dengan konsentrasi ekstrak biji jenitri 14mg/20gBB mencit dan 28 mg/20gBB mencit yang diberikan secara topikal. Parameter yang diukur adalah volume peradangan telapak kaki mencit dari jam ke-1 hingga jam ke-6. Hasil penelitian diuji dengan analisis statistik One Way ANOVA dan LSD (Least Significant Difference). Hasil analisis yang didapatkan adalah terdapat perbedaan bermakna antara kelompok kontrol negatif terhadap kelompok kontrol positif dan kelompok perlakuan dan tidak ada perbedaan bermakna antara kelompok kontrol positif dengan kelompok perlakuan. Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa gel ekstrak etanol biji jenitri (Elaeocarpus serratus L.) dengan konsentrasi ekstrak 14 mg/20gBB mencit dan 28 mg/20gBB mencit memiliki aktivitas sebagai antiinflamasi pada mencit    putih jantan (Mus musculus L.) yang diinduksi karagenan dan gel ekstrak etanol biji jenitri dengan konsentrasi 28 mg/20gBB mencit memiliki efek sebagai antiinflamasi paling optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

I Gede Made Suradnyana, Departemen Farmasetika Fakultas Farmasi Universitas Mahasaraswati Denpasar

Departemen Farmasetika Fakultas Farmasi Universitas Mahasaraswati Denpasar

Ni Made Dharma Shantini Suena, Departemen Farmasetika Fakultas Farmasi Universitas Mahasaraswati Denpasar

Departemen Farmasetika Fakultas Farmasi Universitas Mahasaraswati Denpasar

Published
2022-08-29
How to Cite
JULIADI, Debby; SURADNYANA, I Gede Made; SHANTINI SUENA, Ni Made Dharma. UJI AKTIVITAS ANTIIFLAMASI GEL EKSTRAK ETANOL BIJI JENITRI (Elaeocarpus serratus L.) PADA MENCIT PUTIH JANTAN (Mus musculus L.) YANG DIINDUKSI KARAGENAN. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 11, n. 8, p. 20-25, aug. 2022. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/79781>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MU.2022.V11.i8.P04.

Most read articles by the same author(s)