UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS KUESIONER KUALITAS HIDUP SHORT FORM-36 (SF-36) BERBAHASA INDONESIA PADA PASIEN TUBERKULOSIS

  • Oki Nugraha Putra Hang Tuah University

Abstract

Tuberkulosis merupakan penyakit kronik menular yang memerlukan pengobatan jangka panjang dan dapat mempengaruhi kualitas hidup pasien tuberkulosis. Kuesioner Short Form-36 (SF-36) merupakan kuesioner generik untuk mengukur kualitas hidup pasien. Penelitian ini bertujuan untuk menguji validitas dan reliabilitas kuesioner SF-36 berbahasa Indonesia pada pasien tuberkulosis. Penelitian ini merupakan penelitian observasional prospektif menggunakan desain cross-sectional. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Perak Timur, Surabaya pada bulan Maret sampai Juli 2021. Uji reliabilitas dilakukan menggunakan cronbach alfa, sedangkan uji validitas meliputi validitas konvergen, validitas diskriminan, dan known group validity menggunakan multitrait multimethod dan korelasi Pearson. Didapatkan 43 pasien tuberkulosis yang memenuhi kriteria inklusi. Berdasarkan delapan domain pada kuesioner SF-36, tiga domain yaitu vitalitas, kesehatan mental, kesehatan umum, dan fungsi sosial belum memenuhi uji reliabilitas (nilai cronbach alfa < 0.70). Seluruh pertanyaan pada kuesioner SF-36 telah memenuhi validitas konvergen (r ?0,4), tetapi pertanyaan nomor 2, 3f, 3j, 4d, 9b, dan 9h belum memenuhi validitas diskriminan. Uji known group validity didapatkan hasil bahwa variabel status pekerjaan, tingkat pendidikan, dan penyakit komorbid tidak terdapat perbedaan pada delapan domain. Akan tetapi, terdapat perbedaan signifikan pada domain fungsi fisik berdasarkan jenis kelamin; domain peran fisik, fungsi fisik, dan peran emosi berdasarkan fase pengobatan tuberkulosis; serta domain fungsi fisik berdasarkan usia (p-value < 0,05). Penggunaan kuesioner SF-36 berbahasa Indonesia belum menunjukkan hasil validitas dan reliabilitas yang memuaskan. Diperlukan studi lanjutan dengan merekonstruksi ulang susunan pertanyaan untuk mendapatkan kuesioner yang valid dan reliabel.


 


Kata Kunci: Tuberkulosis, Kualitas Hidup, SF-36

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-10-25
How to Cite
PUTRA, Oki Nugraha. UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS KUESIONER KUALITAS HIDUP SHORT FORM-36 (SF-36) BERBAHASA INDONESIA PADA PASIEN TUBERKULOSIS. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 11, n. 10, p. 46-49, oct. 2022. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/77546>. Date accessed: 29 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MU.2022.V11.i10.P09.