Evaluasi Kepuasaan Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2 dengan Hipertensi Terhadap Layanan Kefarmasian Di Puskesmas Mulyorejo Surabaya

  • Oki Nugraha Putra Hang Tuah University

Abstract

Puskesmas merupakan tempat fasilitas kesehatan untuk layanan pasien Diabetes Mellitus (DM) maupun hipertensi. Evaluasi penyelenggaraan pelayanan kesehatan penting dilaksanakan untuk mendapatkan pelayanan yang lebih baik, termasuk pelayanan kefarmasian di puskesmas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur kepuasan pasien DM Tipe 2 dengan Hipertensi terhadap pelayanan kefarmasian serta untuk mengetahui dimensi mutu pelayanan yang perlu ditingkatkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian analitik observasional dengan desain penelitian cross-sectional. Sampel penelitian ini ialah pasien Diabetes Mellitus tipe 2 (DMT2) dengan Hipertensi yang memenuhi kriteria inklusi. Pengumpulan data dilakukan secara consecutive sampling, selama bulan Juli - Oktober 2018 di Puskesmas Mulyorejo Surabaya. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dengan skala likert yang telah tervalidasi. Untuk mengukur tingkat kepuasan pasien digunakan metode SERVQUAL dengan menghitung selisih kinerja dan harapan. Diperoleh 110 pasien DMT2 dengan hipertensi yang memenuhi kriteria inklusi. Hasil menunjukkan bahwa nilai rata-rata gap antara harapan dan kinerja ialah -0,49 dengan nilai gap terbesar ditunjukan pada dimensi tangible yaitu -0,76. Pada tingkat kepuasaan secara keseluruhan didapatkan hasil sebesar 88%. Kesimpulannya ialah tingkat harapan pasien DMT2 dengan hipertensi lebih tinggi daripada tingkat kinerja layanan informasi obat yang diberikan oleh pihak puskesmas Mulyorejo dengan tingkat kepuasaan pasien yang tergolong baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-21
How to Cite
PUTRA, Oki Nugraha. Evaluasi Kepuasaan Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2 dengan Hipertensi Terhadap Layanan Kefarmasian Di Puskesmas Mulyorejo Surabaya. Jurnal Farmasi Udayana, [S.l.], p. 100, jan. 2020. ISSN 2622-4607. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jfu/article/view/53290>. Date accessed: 16 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JFU.2019.v08.i02.p06.
Section
Articles