KORELASI TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP MASYARAKAT USIA 17-30 TAHUN DESA TIGAWASA KECAMATAN BANJAR KABUPATEN BULELENG TERHADAP PEROKOK PASIF

  • I Made Perdana
  • IGN Sri Wiryawan

Abstract

ABSTRAK


Merokok menjadi gaya hidup sebagian orang dikarenakan zat adiktif yang terkandung didalamnya membawa efek kecanduan. Asap rokok dihirup oleh perokok pasif. Kurang pengetahuan masyarakat di pedesaan mengakibatkan sikap terhadap perokok masih kurang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengetahuan warga Desa Tigawasa Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng terhadap perokok pasif dan untuk mengetahui korelasi tingkat pengetahuan dan sikap warga terhadap perokok pasif. Perokok pasif adalah yang terpapar asap rokok secara tidak sadar. Secara teori orang dengan tingkat pengetahuan yang lebih akan mengambil keputusan dengan logika dalam pengambilan sikap. Penelitian ini merupakan cross-sectional dengan populasi warga Desa Tigawasa. Dengan menggunakan simple random sampling, didapatkan 96 sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner dan analisis data dengan SPSS. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa 69 (62,5%) warga memiliki tingkat pengetahuan berada pada kategori baik, meskipun sikapnya dikategorikan kurang (50,0%). Terdapat korelasi antara tingkat pengetahuan dan sikap  warga (r= -0,306; p=0,002). Dapat disimpulkan bahwa tingkat pengetahuan masyarakat usia 17-30 tahun Desa Tigawasa Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng terhadap perokok pasif termasuk kategori baik meskipun dengan sikap yang kurang. Terdapat korelasi negatif lemah antara tingkat pengetahuan dan sikap masyarakat terhadap perokok pasif. Disarankan agar penelitian selanjutnya membandingkan populasi di pedesaan dengan perkotaan.


Kata kunci: Perokok pasif, tingkat pengetahuan, sikap

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

I Made Perdana

1Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

IGN Sri Wiryawan

2Bagian Histologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Published
2020-09-28
How to Cite
PERDANA, I Made; WIRYAWAN, IGN Sri. KORELASI TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP MASYARAKAT USIA 17-30 TAHUN DESA TIGAWASA KECAMATAN BANJAR KABUPATEN BULELENG TERHADAP PEROKOK PASIF. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 9, n. 9, p. 45-50, sep. 2020. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/65971>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MU.2020.V09.i9.P08.

Most read articles by the same author(s)