PENGARUH KEBISINGAN TERHADAP FUNGSI KOGNITIF PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS UDAYANA

  • IGN Alit Hendra Wahyudi
  • Made Krisna Dinata
  • Dewa Ayu Inten Dwi Primayanti

Abstract

Kebisingan merupakan sesuatu yang menimbulkan bunyi pada tingkat intensitas dan waktu tertentu yang menyebabkan masalah pada kesehatan dan kenyamanan manusia. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kebisingan terhadap fungsi kognitif pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan rancangan randomized post test only control-grup design. Penelitian ini dilakukan di Ruang Small Grup Discussion (SGD) lantai tiga, Kampus Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Pelaksanan penelitian dilakukan pada bulan September 2017.  Sampel dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Progam Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana semester dua (II) berjumlah 38 orang dan tiap masing-masing kelompok dibagi menjadi 19 orang. Kelompok eksperimen diberikan intervensi kebisingan 45dB dan kelompok kontrol dengan kebisingan 25dB.  Setelah diberi intervensi selama 1 jam fungsi kognitif sampel diukur menggunakan stroop color word test (SCWT) dan Digit span test yang menghasilkan 10 variabel hasil tes. Hasil penelitian diperoleh nilai yang signifikan (p<0,05) berdasarkan perhitungan akurasi SCWT 1(p=0,001), akurasi SCWT 2(p=0,026), waktu total SCWT 2(p=0,045), akurasi SCWT 3(p=0,007), mean respon time SCWT 3(p=0,001), waktu total SCWT 3(p=0,002) dan digit span test (p=0,000). Hal ini menunjukkan terjadinya penurunan konsentrasi pada sampel yang mengalami kebisingan dengan intervensi 45dB. Kebisingan berpengaruh terhadap fungsi kognitif mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.


 


Kata Kunci: Kebisingan, Fungsi Kognitif, Mahasiswa, Konsentrasi

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

IGN Alit Hendra Wahyudi

1Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Made Krisna Dinata

2Bagian Ilmu Faal Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Dewa Ayu Inten Dwi Primayanti

2Bagian Ilmu Faal Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Published
2019-04-01
How to Cite
WAHYUDI, IGN Alit Hendra; DINATA, Made Krisna; PRIMAYANTI, Dewa Ayu Inten Dwi. PENGARUH KEBISINGAN TERHADAP FUNGSI KOGNITIF PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS UDAYANA. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 8, n. 4, apr. 2019. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/50006>. Date accessed: 26 apr. 2024.