Studi Molekuler Gen Penyandi Enzim Extended Spectrum ?-Lactamase (ESBL), ?-Lactamase AmpC, dan Karbapenemase pada Isolat Klinis Multi-drug Resistant (MDR) Klebsiella pneumoniae di RSUP Sanglah, Denpasar

  • GNR Suwardana
  • NMA Tarini
  • NND Fatmawati

Abstract

Klebsiella pneumoniae adalah salah satu bakteri penyebab hospital acquired infections (HAIs) dengan angka morbiditas dan mortalitas yang tinggi. Tingginya beban kesehatan akibat infeksi K. pneumoniae utamanya diakibatkan oleh sifat resistensi terhadap banyak golongan antibiotik (multi-resisten), termasuk resistensi terhadap antibiotik golongan mutakhir seperti sefalosporin generasi ketiga dan karbapenem. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengonfirmasi keberadaan gen penyandi enzim Extended Spectrum ?-Lactamase (ESBL), ?-Lactamase AmpC, dan karbapenamase pada isolat klinis multi-resisten K. pneumoniae. Lima isolat klinis multi-resisten K. pneumoniae terdeteksi secara fenotip menggunakan uji Vitek Compact 2 (Biomereux®), kemudian teknik polymerase chain reaction (PCR) digunakan untuk mendeteksi adanya gen blaSHV, blaTEM, blaCTX-M sebagai gen penyandi ESBL, blaFOXsebagai gen penyandi AmpC, dan blaKPCserta blaNDM-1 sebagai gen penyandi karbapenamase. Penelitian ini menemukan bahwa 4 dari 5 sampel positif memiliki gen penyandi ESBL, yakni 2 sampel dengan blaCTX-M, sedangkan 2 sampel lainnya didapatkan dual gen blaSHV dan blaTEM. Tidak ditemukan adanya gen penyandi AmpC maupun karbapenemase pada semua sampel. Sifat multi-resistensi pada isolat klinis K. pneumoniae kemungkinan diakibatkan karena adanya gen penyandi ?-lactamase, sedangkan resistensi terhadap karbapenem kemungkinan besar terjadi bukan karena adanya gen penyandi karbapenemase, namun dimungkinkan adanya mekanisme resistensi yang lain.


Kata kunci : K. pneumoniae, multi-resistensi, ESBL, AmpC, karbapenemase

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

GNR Suwardana
  1. Program Studi Pendidikan Dokter FK UNUD
NMA Tarini

Program Studi Pendidikan Dokter FK UNUD

NND Fatmawati

. Departemen/SMF Mikrobiologi Klinik FK UNUD/RSUP Sanglah

Published
2019-02-19
How to Cite
SUWARDANA, GNR; TARINI, NMA; FATMAWATI, NND. Studi Molekuler Gen Penyandi Enzim Extended Spectrum ?-Lactamase (ESBL), ?-Lactamase AmpC, dan Karbapenemase pada Isolat Klinis Multi-drug Resistant (MDR) Klebsiella pneumoniae di RSUP Sanglah, Denpasar. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 8, n. 2, feb. 2019. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/48606>. Date accessed: 24 apr. 2024.