KORELASI ANTARA INDEKS MASSA TUBUH DAN LINGKAR PINGGANG TERHADAP KOLESTEROL TOTAL PADA MAHASISWA KEDOKTERAN ANGKATAN 2015 UNIVERSITAS UDAYANA

  • Janet Tee
  • Desak Made Wihandani Departemen Ilmu Biokimia Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
  • Ni Nyoman Ayu Dewi Departemen Ilmu Biokimia Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
  • I Wayan Gede Sutadarma Departemen Ilmu Biokimia Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Abstract

Hiperkolesterolemia adalah kelebihan kolesterol karena sering makan makanan yang mengandung kadar kolesterol tinggi. Kelebihan atau kekurangan status nutrisi dapat diukur dengan menghitung Indeks Massa Tubuh (IMT) dan Lingkar Pinggang (LP). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya korelasi antara IMT dan LP terhadap kolesterol total pada mahasiswa kedokteran angkatan 2015 Universitas Udayana. Jenis penelitian ini menggunakan metode cross-sectional analisis dengan subjek 37 orang yang dilakukan pengukuran LP, kadar kolesterol total, dan berat serta tinggi badan untuk mendapatkan nilai IMT. Subjek dianalisis menggunakan Pearson Chi-Square Test atau Fisher Exact Test jika nilai yang diharapkan kurang dari 5. Dari 37 subjek yang telah diukur, hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi signifikan dengan korelasi negatif dari IMT dan LP dengan kolesterol total mahasiswa kedokteran angkatan 2015 Universitas Udayana. Korelasi IMT dengan kolesterol total adalah p = 0,007, dengan r = -0,434. Selanjutnya, korelasi LP dengan kolesterol total adalah p = 0,044. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan korelasi signifikan dengan korelasi negatif dari IMT dan LP dengan kolesterol total pada mahasiswa kedokteran angkatan 2015 Universitas Udayana. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk melakukan upaya preventif dalam menjaga kadar kolesterol total harus ditargetkan pada orang normal dan orang kurus.


 


Kata Kunci : Indeks Massa Tubuh, Lingkar Pinggang, Kolesterol Total

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Janet Tee

. Program Studi Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Desak Made Wihandani, Departemen Ilmu Biokimia Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Departemen Ilmu Biokimia Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Ni Nyoman Ayu Dewi, Departemen Ilmu Biokimia Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Departemen Ilmu Biokimia Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

I Wayan Gede Sutadarma, Departemen Ilmu Biokimia Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Departemen Ilmu Biokimia Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Published
2019-04-18
How to Cite
TEE, Janet et al. KORELASI ANTARA INDEKS MASSA TUBUH DAN LINGKAR PINGGANG TERHADAP KOLESTEROL TOTAL PADA MAHASISWA KEDOKTERAN ANGKATAN 2015 UNIVERSITAS UDAYANA. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 8, n. 2, apr. 2019. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/48436>. Date accessed: 29 mar. 2024.