PREVALENSI GANGGUAN INSOMNIA YANG MENGALAMI KETERGANTUNGAN GADGET PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS UDAYANA

  • I Dewa Gede Surya Mahardika Badung
  • Nyoman Ratep

Abstract

Insomnia disorder merupakan gangguan yang terjadi akibat ketidakmampuan memenuhi kebutuhan tidur, baik secara kualitas maupun kuantitas. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui prevalensi Insomnia pada remaja fakultas kedokteran Udayana yang mengalami ketergantungan terhadap gadget. Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional descriptive untuk memperoleh gambaran umum mengenai jumlah mahasiswa FK UNUD yang mengalami gangguan insomnia dengan ketergantungan terhadap gadget. Sampel penelitian ini adalah remaja yang melakukan pendidikan di FK UNUD dengan rentang usia 19-23 tahun. Pengambilan sampel data dilakukan menggunakan kuesioner melalui teknik consecutive sampling. Selanjutnya data akan diolah untuk mendapatkan prevalensi gangguan insomnia yang kemudian dikelompokkan berdasarkan status ketergantungan gadget, jenis kelamin, status hubungan dan tujuan penggunaan gadget yang dilakukan. Dari 140 sampel, didapatkan prevalensi insomnia sebesar 24,3%. Proporsi gejala insomnia lebih sering ditemukan pada sampel dengan ketergantungan gadget (29,3%) dibanding sampel tanpa ketergantungan gadget (22,2%). Pada sampel dengan gejala insomnia, proporsi ketergantungan gadget lebih tinggi pada sampel yang menggunakan gadget untuk media sosial (52,6%), sementara cenderung lebih rendah pada sampel yang menggunakan gadget untuk mencari informasi (12,5%) dan sarana hiburan (14,3%). Berdasarkan jenis kelamin, proporsi ketergantungan gadget lebih tinggi pada laki-laki (38%) dibanding perempuan (30,8%). Sementara berdasarkan status hubungan, proporsi ketergantungan gadget lebih tinggi pada sampel yang memiliki pasangan (53,8%) dibanding sampel lajang (23,8%).

 

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

I Dewa Gede Surya Mahardika Badung


1Program Studi Pendidikan Dokter,

Nyoman Ratep

Bagian/SMF Psikiatri RSUP Sanglah Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

How to Cite
MAHARDIKA BADUNG, I Dewa Gede Surya; RATEP, Nyoman. PREVALENSI GANGGUAN INSOMNIA YANG MENGALAMI KETERGANTUNGAN GADGET PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS UDAYANA. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 6, n. 5, may 2017. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/30493>. Date accessed: 25 apr. 2024.

Keywords

prevalensi, gangguan insomnia, ketergantungan gadget, tujuan penggunaan gadget.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>