KARAKTERISTIK DAN MASALAH PSIKO-SOSIAL YANG MENDASARI PASIEN PERCOBAAN BUNUH DIRI DI INSTALASI RUANG DARURAT RSUP SANGLAH

  • Putri Ayu Madedi Budiawa
  • I Nyoman Ratep
  • I Wayan Westa

Abstract

Bunuh diri merupakan kegawatdaruratan dibidang psikiatri yang menjadi salah satu penyebab kematian di seluruh dunia termasuk Indonesia. Kasus-kasus percobaan bunuh diri merupakan kasus yang bisa terjadi dengan karakteristik pasien yang beragam. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan masalah-masalah psiko-sosial yang umumnya mendasari pasien percobaan bunuh diri di Instalasi Rawat Darurat RSUP Sanglah pada periode Mei sampai November 2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 47 kasus percobaan bunuh diri yang dibawa ke Instalasi Ruang Darurat  dengan karakteristik dominan pada perempuan, usia produktif (25 sampai 45 tahun), belum menikah,  memiliki pekerjaan (sebagai karyawan atau buruh), terdiagnosis gangguan jiwa (depresi) dan pernah melakukan percobaan bunuh diri sebelumnya. Sedangkan permasalahan psiko-sosial yang paling sering mendasari percobaan bunuh diri adalah perasaan emosi dan kemarahan yang tidak bisa direpresi. Pada hasil penelitian ini umumnya, percobaan bunuh diri berkaitan dengan  masalah lingkungan sosial yang berhubungan dengan orang-orang yang dikasihinya.

 


Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Putri Ayu Madedi Budiawa

Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana


I Nyoman Ratep

Bagian Ilmu Jiwa Rumah Sakit Umum Pendidikan Sanglah Denpasar, Bali, Indonesia

I Wayan Westa

Bagian Ilmu Jiwa Rumah Sakit Umum Pendidikan Sanglah Denpasar, Bali, Indonesia

How to Cite
BUDIAWA, Putri Ayu Madedi; RATEP, I Nyoman; WESTA, I Wayan. KARAKTERISTIK DAN MASALAH PSIKO-SOSIAL YANG MENDASARI PASIEN PERCOBAAN BUNUH DIRI DI INSTALASI RUANG DARURAT RSUP SANGLAH. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], jan. 2016. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/18107>. Date accessed: 29 mar. 2024.

Keywords

Bunuh diri, karakteristik percobaan bunuh diri, masalah psiko-sosial.