KARAKTERISTIK PENDERITA KANKER TIROID DI BAGIAN BEDAH ONKOLOGI RSUP SANGLAH DENPASAR TAHUN 2009-2012

  • I Gusti Ayu M Prita Dewi
  • Putu Anda Tusta Adiputra

Abstract

Kanker tiroid adalah kanker yang berasal dari kelenjar tiroid. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik pasien kanker tiroid berdasarkan sosiodemografi (jenis kelamin, usia, pendidikan), diagnosis utama, stadium dan terapi pada pasien kanker tiroid di Bagian Bedah Onkologi RSUP Sanglah Denpasar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain penelitian cross sectional study. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh pasien yang didiagnosis kanker tiroid di Bagian Bedah Onkologi RSUP Sanglah Denpasar pada tahun 2009-2012 dengan jumlah sebanyak 182 orang. Data sekunder yang diperoleh selanjutnya diolah secara statistik dengan menggunakan software statistik. Pada penelitian ini didapatkan distribusi jenis kelamin pada pasien kanker tiroid paling banyak pada perempuan yaitu 152 orang (83,5%). Populasi kelompok usia pada pasien kanker tiroid paling banyak pada kelompok usia 41-45 tahun yaitu sebanyak 31 orang (17,0%). Diagnosis utama yang paling sering ditemukan adalah Dedifferentiated Thyroid Carcinoma yaitu sebanyak  168 orang  (92,3%). Pasien kanker tiroid pada penelitian ini paling banyak ditemukan pada stadium II yaitu sebanyak 121 orang (66,5%). Terapi yang paling banyak diberikan adalah operasi sebanyak 163 orang (89,6%).

Kesimpulan : Pada penelitian ini didapatkan karakteristik penderita kanker tiroid berdasarkan jenis kelamin, usia, diagnosis utama, stadium dan terapi.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

I Gusti Ayu M Prita Dewi


1Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

 

Putu Anda Tusta Adiputra
Sub Bagian Bedah Onkologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Denpasar, Bali
How to Cite
M PRITA DEWI, I Gusti Ayu; TUSTA ADIPUTRA, Putu Anda. KARAKTERISTIK PENDERITA KANKER TIROID DI BAGIAN BEDAH ONKOLOGI RSUP SANGLAH DENPASAR TAHUN 2009-2012. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], apr. 2015. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/12936>. Date accessed: 28 mar. 2024.

Keywords

Karakteristik, Kanker Tiroid, RSUP Sanglah