GAMBARAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT DEPRESI PADA LANJUT USIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KUBU II JANUARI-FEBRUARI 2014

  • IGM Agus Bhayu WWPSR
  • Nyoman Ratep
  • Wayan Westa

Abstract

Depresi merupakan salah satu masalah global kesehatan yang terjadi pada lanjut usia (lansia) dimana prevalensinya bertambah tinggi seiring meningkatnya usia seseorang. Terdapat beberapa faktor penyebab terjadinya depresi pada lansia, beberapa faktor tersebut antara lain: faktor psikososial, faktor biologis, karakteristik personal, faktor medikasi, dan faktor sosiodemografi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat depresi pada lansia di wilayah kerja Puskesmas Kubu II. Penelitian ini merupakan penelitian potong lintang dengan jumlah sampel 84 orang yang dipilih secara consecutive sampling. Sebagai sampel adalah lansia yang berdomisili di wilayah kerja Puskesmas Kubu II dan tidak ada kriteria eksklusi. Sampel yang memenuhi kriteria kemudian dimintakan kesediaannya untuk berpartisipasi dengan menandatangani informed consent. Pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner kepada sampel yang terpilih. Analisis data dilakukan secara univariate dan bivariate. Dari 84 sampel lansia, didapatkan 30,9% mengalami depresi ringan dan 14,3% mengalami depresi berat. Dari kelompok sampel yang mengalami depresi, persentase depresi tertinggi terjadi pada kelompok usia 75-90 tahun dengan sebaran proporsi depresi ringan 25,0% dan depresi berat 11,5%, pada kelompok jenis kelamin proporsi kejadian depresi paling tinggi pada jenis kelamin perempuan dengan sebaran proporsi depresi ringan 40,0% dan depresi berat 11,5%, sedangkan berdasarkan ada tidaknya penyakit dasar, proporsi kejadian depresi terdapat pada sampel yang memiliki penyakit dasar yaitu dengan sebaran proporsi depresi ringan 42,1% dan depresi berat 19,3%. Simpulan pada penelitian ini adalah tingkat depresi pada lansia di wilayah kerja Puskesmas Kubu II tergolong cukup tinggi dan kejadian depresi terbanyak terjadi pada kelompok usia 75-90 tahun, lansia dengan jenis kelamin perempuan, dan lansia yang memiliki penyakit dasar.

 

 

 

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

IGM Agus Bhayu WWPSR

Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana


Nyoman Ratep
Bagian Psikiatri Fakultas Kedokteran Universitas Udayana/ RSUP Sanglah
Wayan Westa
Bagian Psikiatri Fakultas Kedokteran Universitas Udayana/ RSUP Sanglah
How to Cite
BHAYU WWPSR, IGM Agus; RATEP, Nyoman; WESTA, Wayan. GAMBARAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT DEPRESI PADA LANJUT USIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KUBU II JANUARI-FEBRUARI 2014. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], apr. 2015. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/12599>. Date accessed: 19 apr. 2024.

Keywords

depresi, lansia, usia, jenis kelamin, penyakit dasar.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>