HUBUNGAN ANTARA PERAN KELUARGA DENGAN PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH PADA REMAJA SMA/SEDERAJAT DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUKAWATI I

  • I Made Prema Putra
  • Nyoman Ratep
  • Wayan Westa

Abstract

Masalah sosial salah satunya adalah perilaku seksual pranikah semakin tinggi belakangan ini. Ini menjurus kearah tingginya angka pengidap PMS dan HIV/AIDS. Dari berbagai hasil penelitian yang dilakukan di seluruh dunia didapatkan faktor yang mengarah arah tingginya masalah perilaku seksual pranikah adalah peran keluarga terhadap remaja.

Untuk mencari hubungan antara peran keluarga dengan perilaku seksual pranikah pada remaja SMA/sederajat di wilayah kerja Puskesmas Sukawati I.

Rancangan penelitian adalah cross sectional study, dimana pengambilan data menggunakan kuisioner terhadap 136 orang siswa. Data yang terkumpul dianalisis dengan perangkat lunak komputer menggunakan analisis Chi Square.

Pada penelitian ini, 19,1% responden telah melakukan perilaku seks pranikah. Pada analisis bivariat variabel kategori peran keluarga tidak memiliki hubungan yang signifikan terhadap perilaku seks pranikah (p=0,007). Pada penelitian ini dianggap signifikan apabila nilai p  dibawah 0,05.

Dapat disimpulkan bahwa peran keluarga didapatkan tidak mempunyai pengaruh terhadap perilaku seksual pranikah remaja SMA/sederajat di wilayah kerja Puskesmas Sukawati  I.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

I Made Prema Putra

Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Nyoman Ratep

Bagian Psikiatri Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah

Wayan Westa

Bagian Psikiatri Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah

How to Cite
PREMA PUTRA, I Made; RATEP, Nyoman; WESTA, Wayan. HUBUNGAN ANTARA PERAN KELUARGA DENGAN PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH PADA REMAJA SMA/SEDERAJAT DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUKAWATI I. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], dec. 2014. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/11864>. Date accessed: 29 mar. 2024.

Keywords

perilaku seksual pranikah, peran keluarga, faktor resiko

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>