PENGARUH BELANJA MODAL DAN PENDIDIKAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DAN KEMISKINAN DI KABUPATEN/KOTA PROVINSI BALI

  • Fauzan Yudo Wicaksono Universitas Udayana

Abstract

Setiap negara akan berusaha untuk mencapai keberhasilan pembangunan dengan meningkatkan pertumbuhan ekonomi semaksimal mungkin dan mengentaskan kemiskinan yang dialami masyarakat ekonomi rendah.Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis belanja modal dan pendidikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten/Kota Provinsi Bali; untuk menganalisis pengaruh belanja modal, pendidikan dan pertumbuhan ekonomi terhadap kemiskinan di Kabupaten/Kota Provinsi Bali; dan untuk mengetahui apakah belanja modal dan pendidikan berpengaruh tidak langsung terhadap kemiskinan melalui pertumbuhan ekonomi di Kabupaten/Kota Provinsi Bali. Jumlah pengamatan dalam penelitian ini adalah sebesar 45 data dengan metode pengumpulan data melalui studi pustaka Teknik Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Path Analysis. Hasil dari penelitian ini yaitu; belanja modal dan pendidikan secara langsung tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten/Kota Provinsi Bali tahun 2016-2020; belanja modal dan pendidikan secara langsung berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kemiskinan di Kabupaten/Kota Provinsi Bali tahun 2016-2020, sedangkan pertumbuhan ekonomi secara langsung tidak berpengaruh terhadap kemiskinan di Kabupaten/Kota Provinsi Bali tahun 2016-2020; dan pertumbuhan ekonomi bukan sebagai variabel intervening  pengaruh belanja modal dan pendidikan terhadap kemiskinan di Kabupaten/Kota Provinsi Bali tahun 2016-2020.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-12-22
How to Cite
WICAKSONO, Fauzan Yudo. PENGARUH BELANJA MODAL DAN PENDIDIKAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DAN KEMISKINAN DI KABUPATEN/KOTA PROVINSI BALI. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], v. 11, n. 12, p. 4289-4315, dec. 2022. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/97777>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EEP.2022.v11.i12.p06.