PENGARUH TINGKAT KEPERCAYAAN, KEPUASAN, DAN KEGUNAAN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN SHOPEEPAY

(Studi Kasus Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)

  • Wahyu Tri Wibowo National Dong Hwa University
  • Rizki Titabaia

Abstract

Kemajuan teknologi telah mempermudah masyarakat untuk melakukan berbagai macam aktivitas ekonomi, termasuk pembayaran dengan uang elektronik. Perkembangan transaksi uang elektronik tentunya tak lepas dari pesatnya perkembangan internet dalam memberi peluang bisnis. Pesatnya pertumbuhan internet telah memicu kemunculan berbagai macam platform belanja online, salah satunya adalah shopee. Shopee menggunakan shopeepay sebagai metode pembayaran online. Penelitian ini kemudian bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi pelanggan dalam melakukan transaksi pembelian online dengan menggunakan shopeepay. Penelitian ini berfokus pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan sampel sebanyak 100 responden. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda, ditemukan bukti statistik bahwa aspek kepuasan dan kegunaan serta asal mahasiswa berpengaruh terhadap minat berbelanja menggunakan shopeepay. Sementara, karakteristik individu, seperti gender dan aspek kepercayaan tidak berpengaruh pada penggunaan shopeepay.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-12-22
How to Cite
WIBOWO, Wahyu Tri; TITABAIA, Rizki. PENGARUH TINGKAT KEPERCAYAAN, KEPUASAN, DAN KEGUNAAN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN SHOPEEPAY. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], v. 11, n. 12, p. 4349-4360, dec. 2022. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/97191>. Date accessed: 22 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EEP.2022.v11.i12.p09.