PENGARUH PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR JALAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI MASYARAKAT DI DESA SONOMARTANI KAB. LABUHAN BATU UTARA

  • Dwi Indah Pertiwi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Adelia Adelia Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ellya Fatmasari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ellya Fatmasari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Mulia Syahfitri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Mulia Syahfitri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Abstract

Studi ini mengkaji dampak pembangunan infrastruktur jaIan pada peningkatan Eknomi di Desa Sonomartani. Adapun Variabel pada penelitian ini ialah infrastruktur jaIan serta pertumbuhan ekonomi. Sampel penelitian berasal dari warga desa Sonomartan. Teknik anaIisis data yang dipakai adaIah anaIisis regresi Iinier sederhana, uji hipotesis dan uji t. Dari pembahasan tersebut dapat di Tarik kesimpulan bahwa pembangunan infrastruktur jaIan memiliki pengaruh yang positif pada perkembangan ekonomi di Desa Sonomartani tetapi hal tersebut tidak signifikan. Uji t menghasilkan nilai 0,073 yang menunjukkan bahwa pengembangan infrastruktur jaIan tidak memiliki pengaruh yang signifikan pada pengembangan ekonomi,serta nilai R square sebanyak 0,046 atau 4,6%. Artinya akibat pengembangan infrastruktur jaIan pada peningkatan ekonomi sebesar 4,6% dan 95,4% yang berasal dari pengaruh variabeI lain. Hal ini pula didukung oleh hasil peneIitian terdahulu serta hasil wawancara dan hasil survey.


Kata Kunci : Pembangunan Ekonomi, Infrastruktur, Pertumbuhan Ekonomi.


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-10-20
How to Cite
PERTIWI, Dwi Indah et al. PENGARUH PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR JALAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI MASYARAKAT DI DESA SONOMARTANI KAB. LABUHAN BATU UTARA. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], v. 11, n. 10, p. 3845 - 3860, oct. 2022. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/94358>. Date accessed: 26 sep. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EEP.2022.v11.i10.p08.