PENGARUH PROGRAM GERBANG SADU BALI MANDARA DAN PARTISIPASI RUMAH TANGGA SASARAN TERHADAP PRODUKTIVITAS DAN KESEJAHTERAAN RUMAH TANGGA SASARAN DI KABUPATEN GIANYAR

  • Ni Komang Sri Widari Universitas Udayana

Abstract

Provinsi Bali merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki industri pariwisata yang sangat maju. Kabupaten Gianyar menjadi salah satu pusat pariwisata yang memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan sehingga Kabupaten Gianyar menjadi salah satu daerah wisata di Bali yang sering dikunjungi wisatawan, semestinya Kabupaten Gianyar dapat mengurangi tingkat kemiskinannya, namun masalah kemiskinan masih memerlukan penanggulangan yang tepat dan berkelanjutan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh  Program  Gerbang Sadu Bali Mandara, partisipasi RTS dan produktivitas RTS terhadap kesejahteraan RTS di Kabupaten Gianyar. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Gianyar, jumlah sampel yang digunakan yaitu 98 kepala keluarga dengan Teknik sampling yang digunakan untuk mengambil sampel adalah proportionate stratified random sampling. Instrument penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Data yang dikumpulkan tersebut kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukan bahwa Program  Gerbang Sadu Bali Mandara dan Partisipasi RTS berpengaruh positif dan signifikan terhadap Produktivitas RTS. Hasil juga menunjukkan Program  Gerbang Sadu Bali Mandara, Partisipasi RTS dan Produktivitas RTS berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kesejahteraan RTS. Variabel Produktivitas merupakan variabel yang memediasi pengaruh Program  Gerbang Sadu Bali Mandara dan Partisipasi RTS terhadap Kesejahteraan RTS.


Kata Kunci: Program  Gerbang Sadu Bali Mandara, Partisipasi, Produktivitas , Kesejahteraan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-09-02
How to Cite
SRI WIDARI, Ni Komang. PENGARUH PROGRAM GERBANG SADU BALI MANDARA DAN PARTISIPASI RUMAH TANGGA SASARAN TERHADAP PRODUKTIVITAS DAN KESEJAHTERAAN RUMAH TANGGA SASARAN DI KABUPATEN GIANYAR. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], v. 11, n. 7, p. 2615-2646, sep. 2022. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/90444>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EEP.2022.v11.i07.p06.