PENGARUH HARGA, LINGKUNGAN DAN PENDAPATAN PADA KEPUTUSAN PENGGUNAAN SOFTWARE DIKALANGAN GAMERS DI INDONESIA

  • Putu Wanda Agnestia Universitas Udayana
  • I Wayan Sukadana Universitas Udayana

Abstract

Revolusi Industri 4.0 menekankan kepada kegiatan yang berjalan dalam penggunaan internet atau Internet of Things (IoT). Tulang punggung dari    internet dan teknologi adalah software.  Namun, tidak semua negara mampu untuk menyediakan software untuk menunjang kegiatan berbasis teknologi terutama untuk negara berkembang. Negara berkembang haruslah mengandalkan perdagangan internasional untuk memperoleh software yang bersifat komersial. Walaupun berbayar, software komersial tetap menjadi primadona pengguna komputer di Indonesia.  Terdapat praktik ilegal dalam penggunaan software komersial yaitu pembajakan (piracy). Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh harga software asli, harga software bajakan, lingkungan dan pendapatan terhadap keputusan menggunakan software dengan harapan penggunaan software asli dapat meningkat.


Penelitian ini dilakukan pada komunitas gamers di twitter yaitu @GamesMenfess dengan jumlah sampel sebanyak 407 responden dengan instrumen kuesioner dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah logit dan probit. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa secara simultan variabel harga software asli, harga software bajakan, lingkungan, dan pendapatan berpengaruh kepada keputusan penggunaan software. Secara parsial, variabel yang berpengaruh terhadap keputusan penggunaan software adalah variabel harga software asli dan lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-03-15
How to Cite
AGNESTIA, Putu Wanda; SUKADANA, I Wayan. PENGARUH HARGA, LINGKUNGAN DAN PENDAPATAN PADA KEPUTUSAN PENGGUNAAN SOFTWARE DIKALANGAN GAMERS DI INDONESIA. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], v. 11, n. 3, p. 831-859, mar. 2022. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/83802>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EEP.2022.v11.i03.p02.