PENGARUH UMUR, TINGKAT PENDIDIKAN, DAN PENDAPATAN SUAMI TERHADAP CURAHAN JAM KERJA DAN PENDAPATAN PEDAGANG PEREMPUAN DI PASAR UMUM UBUD II

  • I Gusti Putu Dio Bagaskara Putra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • I Gusti Bagus Indrajaya

Abstract

Pendapatan adalah salah satu permasalahan yang menjadi beban bagi sebagian besar keluarga yang ada di era ini. Naiknya kebutuhan yang harus dipenuhi membuat pendapatan yang didapat oleh kaum laki-laki dalam keluarga menjadi semakin berat dari masa ke masa. Kaum perempuan mengambil andil untuk mendapatkan tambahan pendapatan bagi keluarga, juga merupakan sebuah bentuk tindakan kesetaraan gender. Kesetaraan gender muncul akibat sebagian masyarakat berpendapat bahwa perempuan selalu diposisikan sebagai kelas dua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  pengaruh variabel umur, tingkat pendidikan, dan variabel pendapatan suami serta pengaruhnya terhadap curahan jam kerja dan pendapatan pedagang perempuan di Pasar Umum Ubud II. Hasil analisis menggunakan analisis jalur ini menyatakan bahwa Umur, tingkat pendidikan, dan pendapatan suami berpengaruh positif dan signifikan terhadap curahan jam kerja dan pendapatan pedagang perempuan di Pasar umum Ubud II. Curahan jam kerja sebagai variabel mediasi pengaruh umur, tingkat pendidikan dan pendapatan suami terhadap pendapatan pedagang perempuan di Pasar Umum Ubud II. Sebaiknya dibuatkan pelatihan praktis untuk pedagang perempuan agar mampu berjualan secara lebih efektif dan efisien apalagi dengan adanya perkembangan teknologi seperti sekarang ini.


Kata Kunci : Umur,Pendidikan,  curahaan jam kerja, Pendapatan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-02-27
How to Cite
BAGASKARA PUTRA, I Gusti Putu Dio; INDRAJAYA, I Gusti Bagus. PENGARUH UMUR, TINGKAT PENDIDIKAN, DAN PENDAPATAN SUAMI TERHADAP CURAHAN JAM KERJA DAN PENDAPATAN PEDAGANG PEREMPUAN DI PASAR UMUM UBUD II. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 535-559, feb. 2022. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/83151>. Date accessed: 02 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EEP.2022.v11.i02.p06.