KETERLIBATAN PENARIKAN KEPUTUSAN DAN TINGKAT KEPEMILIKAN BARANG BERNILAI PEKERJA WANITA SEKTOR INFORMAL DI KOTA DENPASAR

  • Ni Putu Asri Diannisa Universitas Udayana
  • Anak Agung Istri Ngurah Marhaeni

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, 1) pengaruh kontribusi pendapatan istri, pendidikan suami, dan jenis keluarga terhadap keterlibatan penarikan keputusan rumah tangga pekerja wanita sektor informal, 2) pengaruh kontribusi pendapatan istri, pendidikan suami, jenis keluarga, dan keterlibatan penarikan keputusan terhadap tingkat kepemilikan barang bernilai dalam rumah tangga pekerja wanita sektor informal, dan 3) peran keterlibatan penarikan keputusan dalam memediasi pengaruh kontribusi pendapatan istri, pendidikan suami, dan jenis keluarga terhadap tingkat kepemilikan barang bernilai dalam rumah tangga pekerja wanita sektor informal. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dengan sumber data primer. Ukuran sampel dihitung menggunakan rumus Slovin dengan jumlah 100 responden. Metode penentuan sampel yaitu accidental sampling, dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan wawancara mendalam. Teknik analisis data menggunakan analisis diskriptif dan analisis jalur. Kontribusi pendapatan istri berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterlibatan penarikan keputusan, pendidikan suami berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keterlibatan penarikan keputusan, sedangkan jenis keluarga inti memiliki keterlibatan penarikan keputusan lebih tinggi jika dibandingkan dengan keluarga luas. Kontribusi pendapatan istri dan pendidikan suami berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap tingkat kepemilikan barang bernilai dalam rumah tangga. Jenis keluarga inti memiliki tingkat kepemilikan barang bernilai dalam rumah tangga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan keluarga luas. Keterlibatan penarikan keputusan berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kepemilikan barang bernilai dalam rumah tangga. Keterlibatan penarikan keputusan memediasi pengaruh kontribusi pendapatan istri, pendidikan suami dan jenis keluarga terhadap tingkat kepemilikan barang bernilai dalam rumah tangga pekerja wanita sektor informal.


Kata kunci: pendapatan istri, keterlibatan pengambilan keputusan, rumah tangga

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-01-24
How to Cite
DIANNISA, Ni Putu Asri; NGURAH MARHAENI, Anak Agung Istri. KETERLIBATAN PENARIKAN KEPUTUSAN DAN TINGKAT KEPEMILIKAN BARANG BERNILAI PEKERJA WANITA SEKTOR INFORMAL DI KOTA DENPASAR. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 78-102, jan. 2022. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/82535>. Date accessed: 07 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EEP.2022.v11.i01.p04.