PENGARUH LOKASI USAHA,JAM KERJA, MODAL USAHA DAN JENIS DAGANGAN TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG DI KAWASAN OBJEK WISATA PURA LUHUR ULUWATU

  • Alvino Aprilio Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Perkembangan pada sektor pariwisata di Provinsi Bali dapat membawa dampak baik diantaranya sebagai penyedia lapangan pekerjaan, sumber pendapatan masyarakat, dan berkontribusi seecara langsung untuk membentuk PDRB. Ketergantungan pedagang ddi kawasan objek wisata Pura Luhur Uluwatu terhadap pendapatan yang diterima dari pengeluaran wisatawan masih terdapat kendala. Pendapatan yang diterima oleh pedagang di sekitar Pura Luhur Uluwatu cenderung berbeda antara pedagang satu dengan yang lainnya. Tujuanndalamppenelitianpiniaadalah: (1)uuntuk menganalisis pengaruhllokasi, jamkkerja, modal usahaddan jenis dagangan terhadapppendapatanppedaganggdi kawasan objek wisata Pura Luhur Uluwatu dan (2) untukkmengetahuiffaktorddominanyyangppalingbberpengaruh terhadaphpendapatan pedagangddi kawasan objek wisata Pura Luhur Uluwatu. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil darippenelitian inijjamkkerjaadan modal usaha berpengaruhhpositiffterhadapppendapatan pedagang di kawasan objek wisata Pura Luhur Uluwatu. Sedangkan, variabel lokasi dan jenis dagangan berpengaruh negatif terhadap pendapatan pedagang di kawasan objek wisata Pura Luhur Uluwatu. Variabel modal usaha yang paling dominan mempengaruhi pendapatan pedagang di kawasan objek wisata Pura Luhur Uluwatu.


Kata kunci : Pendapatan Pedagang, Lokasi, Jam Kerja, Modal Usaha, Jenis Dagangan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-03
How to Cite
APRILIO, Alvino. PENGARUH LOKASI USAHA,JAM KERJA, MODAL USAHA DAN JENIS DAGANGAN TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG DI KAWASAN OBJEK WISATA PURA LUHUR ULUWATU. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], v. 11, n. 3, p. 991-1014, apr. 2022. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/80027>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EEP.2022.v11.i03.p08.