PENGARUH JUMLAH DAYA TARIK WISATA, JUMLAH KUNJUNGAN WISATAWAN, DAN TINGKAT HUNIAN HOTEL TERHADAP PENDAPATAN SEKTOR PARIWISATA

  • Kadek Dita Pramana Universitas Udayana

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh tingkat hunian hotel, jumlah kunjungan wisatwan dan jumlah daya tarik wisata secara simultan dan parsial terhadap pendapatan sektor pariwisata di Kawasan Sarbagita. Lokasi penelitian ini dilakukan di Kawasan Sarbagita dan menggunakan data sekunder yang dipublikasikan oleh Badan Pusat Statistik Kabupaten Badung, Gianyar, Tabanan dan Kota Denpasar. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan data panel sejumlah 40 data pengamatan yang diperoleh dari 4 kawasan Sarbagita dengan 10 tahun penelitian. Data diuji menggunakan program eviews 10. Hasil analisis menunjukkan bahwa Tingkat hunian hotel, jumlah kunjungan wisatwan dan jumlah daya tarik wisata secara simultan berpengaruh signifikan terhadap pendapatan sektor pariwisata di Kawasan Sarbagita. Jumlah daya tarik, jumlah kunjungan wisatwan dan tingkat hunian hotel secara parsial berpengaruh positif terhadap terhadap pendapatan sektor pariwisata di Kawasan Sarbagita. Saran yang diajukan berdasarkan penelitian ini yaitu pemerintah perlu memperbanyak aktivitas-aktivitas di obyek-obyek wisata yang dapat menambah lama tinggal wisatawan, menambah alokasi dana untuk pengembangan pariwisata dan melakukan kerjasama dengan pihak swasta dalam membuat program paket wisata.


Kata Kunci: jumlah daya tarik wisata, jumlah kunjungan wisatawan, tingkat hunian hotel, pendapatan sektor pariwisata

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-05-20
How to Cite
DITA PRAMANA, Kadek. PENGARUH JUMLAH DAYA TARIK WISATA, JUMLAH KUNJUNGAN WISATAWAN, DAN TINGKAT HUNIAN HOTEL TERHADAP PENDAPATAN SEKTOR PARIWISATA. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], v. 11, n. 5, p. 1723 - 1748, may 2022. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/76295>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EEP.2022.v11.i05.p05.