PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, TINGKAT KESEHATAN, DAN PERTUMBUHAN PENDUDUK TERHADAP TINGKAT KEMISKINAN KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI BALI

  • Nyoman Deni Aditya Aswin, I Nyoman Mahaendra Yasa Universitas Udayana

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh tingkat pendidikan, tingkat kesehatan, dan pertumbuhan penduduk secara simultan dan parsial terhadap tingkat kemiskinan kabupaten/kota di Provinsi Bali. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Metode estimasi model regresi panel yang digunakan adalah Fixed Effect Model. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara simultan tingkat pendidikan, tingkat kesehatan, dan pertumbuhan penduduk berpengaruh signifikan terhadap tingkat kemiskinan kabupaten/ kota di Provinsi Bali. Secara parsial tingkat pendidikan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap tingkat kemiskinan, tingkat kesehatan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap tingkat kemiskinan dan Pertumbuhan penduduk berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kemiskinan. Variabel dominan yang mempengaruhi tingkat kemiskinan adalah pertumbuhan penduduk. Pemerintah perlu menggencarkan program-program yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). SDM berkualitas tidak menjadi beban pembangunan melainkan menjadi aset bagi pembangunan selain itu masyarakat dan swasta juga harus saling bekerja sama dengan pemerintah dalam menurunkan tingkat kemiskinan.


Kata Kunci: tingkat pendidikan, tingkat kesehatan, pertumbuhan penduduk, tingkat kemiskinan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-11-28
How to Cite
I NYOMAN MAHAENDRA YASA, Nyoman Deni Aditya Aswin,. PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, TINGKAT KESEHATAN, DAN PERTUMBUHAN PENDUDUK TERHADAP TINGKAT KEMISKINAN KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI BALI. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], v. 10, n. 11, p. 4535 – 4562, nov. 2021. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/76253>. Date accessed: 20 apr. 2024.