PENGARUH BOS PADA PENGELUARAN PENDIDIKAN SISWA TINGKAT SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN GIANYAR

  • Juliana Yoga Anggara Putra I Wayan Universitas Udayana

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengidentifikasi permasalahan dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) dan untuk mengetahui pengaruh BOS terhadap pengeluaran pendidikan siswa tingkat Sekolah Dasar di Kabupaten Gianyar.  Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah sekolah dasar (SD) di Kabupaten Gianyar yaitu sebanyak 295 sekolah dasar pada tahun 2020. Jumlah sampel dihitung dengan rumus slovin maka didapatkan jumlah sampel pada sekolah dasar (SD) di kabupaten Gianyar yang akan diambil dalam penelitian ini adalah sebanyak 75 sampel. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari Analisis Deskriptif dan Analisis Manova (Multivariate Analysis of Variance). Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat berbagai macam masalah teknis yang terjadi dalam dana BOS pada tingkat Sekolah Dasar di Kabupaten Gianyar yaitu adanya penggunaan dana bos kadang tidak sesuai dengan kebutuhan sekolah, Dana Bos datangnya tidak tepat waktu dan pelaporannya harus segera selesai serta terlalu banyak ada perubahan, Penyusunan RKAS yang harus sesuai dengan ambang batas harga yang sudah ditentukan. Hasil uji Multivariate Analysis of Variance (Manova) menunjukkan keempat nilai p-value pada kategori lokasi sekolah memperoleh nilai signifikansi 0,000<0,05, maka disimpulkan bahwa adanya perbedaan pengeluaran pendidikan berdasarkan lokasi pada level kepercayaan 95% antara pengaruh Program dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) terhadap pengeluaran pendidikan berlandaskan kategori lokasi sekolah dan status sekolah.


Kata Kunci: Program BOS, pengeluaran pendidikan, Sekolah Dasar, Gianyar

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-07-11
How to Cite
I WAYAN, Juliana Yoga Anggara Putra. PENGARUH BOS PADA PENGELUARAN PENDIDIKAN SISWA TINGKAT SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN GIANYAR. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], v. 11, n. 6, p. 2077-2103, july 2022. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/76216>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EEP.2022.v11.i06.p02.