Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengeluaran Rumah Tangga Miskin di Desa Keramas, Kabupaten Gianyar

  • i putu yogi pratama Kependudukan
  • AnakAgung Marhaeni Universitas Udayana

Abstract

Permasalahan kemiskinan di Kabupaten Gianyar, yaitu masih relatif tingginya angka kemiskinan. Oleh sebab itu kemiskinan menjadi tanggung jawab bersama. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) untuk menganalisis pengaruh simultan pendapatan rumah tangga, intensitas kegiatan adat dan agama, konsumsi rumah tangga, dan jumlah anggota rumah tangga terhadap pengeluaran rumah tangga miskin di Desa Keramas Kabupaten Gianyar, 2) untuk menganalisis pengaruh parsial pendapatan rumah tangga, intensitas kegiatan adat dan agama, konsumsi rumah tangga, dan jumlah anggota rumah tangga terhadap pengeluaran rumah tangga miskin di Desa Keramas, Kabupaten Gianyar, 3) untuk menganalisis peran jumlah anggota rumah tangga dalam memoderasi pengaruh konsumsi terhadap pengeluaran rumah tangga miskin di Desa Keramas, Kabupaten Gianyar. Populasi dalam penelitian ini adalah 157 keluarga rumah tangga miskin di Desa Keramas, Kabupaten Gianyar dengan menggunakan rumus Slovin maka diperoleh 61 keluarga rumah tangga miskin. Metode pengambilan sampel adalah Stratified Random Sampling dengan jenis Proportionate Stratified Random Sampling serta teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan wawancara mendalam. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi Moderasi. Hasil dari penelitian menunjukan hasil: 1) pendapatan rumah tangga, konsumsi rumah tangga, intensitas kegiatan adat dan agama, dan intensitas kegiatan adat dan agama secara simultan berpengaruh sigifikan terhadap pengeluaran rumah tangga miskin di Desa Keramas, Kabupaten Gianyar, 2) pendapatan rumah tangga, konsumsi rumah tangga, dan jumlah anggota rumah tangga secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengeluaran rumah tangga miskin di Desa Keramas, Kabupaten Gianyar, variabel intensitas kegiatan adat dan agama tidak berpengaruh terhadap pengeluaran rumah tangga miskin di Desa Keramas, Kabupaten Gianyar, 3) jumlah anggota keluarga memperlemah pengaruh variabel konsumsi rumah tangga terhadap pengeluaran rumah tangga miskin di Desa Keramas, Kabupaten Gianyar.


 


Kata kunci:    pendapatan, intensitas kegiatan adat, konsumsi rumah tangga, jumlah anggota keluarga, pengeluaran rumah tangga miskin

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-10-20
How to Cite
PRATAMA, i putu yogi; MARHAENI, AnakAgung. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengeluaran Rumah Tangga Miskin di Desa Keramas, Kabupaten Gianyar. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], v. 11, n. 10, p. 3731 - 3763, oct. 2022. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/76210>. Date accessed: 26 sep. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EEP.2022.v11.i10.p02.