PENGARUH PENDIDIKAN, JAM KERJA, JUMLAH TANGGUNGAN RUMAH TANGGA DAN STATUS PEKERJAAN TERHADAP PENDAPATAN PEREMPUAN SINGLE PARENT

  • Putu Diza Aprillia Maharani Puteri Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh vairabel pendidikan, jam kerja, jumlah anggota rumah tangga dan status pekerjaan terhadap pendapatan perempuan single parent di Kota Denpasar. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar, dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 79 responden dari empat kecamatan yang menggunakan metode proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara tersetruktur. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa pendidikan, jam kerja, jumlah anggota rumah tangga dan status pekerjaan berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap pendapatan perempuan single parent di Kota Denpasar. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,605121 atau 60,50 persen, berarti bahwa 60,50 persen variasi dari pendapatan perempuan single parent dipengaruhi oleh pendidikan, jam kerja, jumlah anggota rumah tangga dan status pekerjaan dan sisanya 39,50 persen dipengaruhi oleh variabel lain di luar model. Agar mampu beradaptasi dengan keadaan sebagai single parent, perempuan single parent disarankan untuk meningkatkan kemampuan serta kualitasnya sehingga tetap produktif dalam pekerjaan yang ditekuni dan mampu menghidupi keluarga dengan pendapatan yang diperoleh.


Kata kunci: perempuan single parent, pendidikan, status pekerjaan, pendapatan


 


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-07-12
How to Cite
DIZA APRILLIA MAHARANI PUTERI, Putu. PENGARUH PENDIDIKAN, JAM KERJA, JUMLAH TANGGUNGAN RUMAH TANGGA DAN STATUS PEKERJAAN TERHADAP PENDAPATAN PEREMPUAN SINGLE PARENT. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], v. 11, n. 6, p. 2449-2480, july 2022. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/76175>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EEP.2022.v11.i06.p15.