PENGARUH KONSUMSI0ROKOK, PENDIDIKAN, DAN JENIS0KELAMIN TERHADAP DERAJAT KESEHATAN DAN PRODUKTIVITAS0TENAGA KERJA DI DESA0MUNGGU

  • Ni Putu Eka Wahyuni, Anak Agung Ketut Ayuningsasi universitas udayana

Abstract

Produktivitas merupakan istilah dalam kegiatan produksi yang menunjukkan perbandingan antara luaran (output) dengan masukan (input). Rendahnya produktivitas tenaga kerja dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya konsumsi rokok, pendidikan, jenis kelamin, dan derajat kesehatan tenaga kerja. Penelitian ini bertujuan: 1) untuk menganalisis pengaruh konsumsi rokok, pendidikan, dan jenis kelamin terhadap derajat kesehatan tenaga kerja di Desa Munggu; 2) untuk menganalisis pengaruh konsumsi rokok, pendidikan, dan jenis kelamin terhadap produktivitas tenaga kerja di Desa Munggu; 3) untuk menganalisis pengaruh konsumsi rokok, pendidikan, dan jenis kelamin secara tidak langsung terhadap produktivitas tenaga kerja melalui derajat kesehatan tenaga kerja di Desa Munggu. Populasi dalam penelitian ini adalah tenaga kerja yang ada di Desa Munggu, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung dengan jumlah sampel sebanyak 86 responden yang ditentukan berdasarkan proportional stratified random sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu path analysis dan uji Sobel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) konsumsi rokok tidak berpengaruh signifikan terhadap derajat kesehatan tenaga kerja di Desa Munggu; 2) pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap derajat kesehatan tenaga kerja di Desa Munggu; 3) tenaga kerja perempuan memiliki derajat kesehatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan tenaga kerja laki-laki di Desa Munggu; 4) konsumsi rokok tidak berpengaruh signifikan terhadap produktivitas tenaga kerja di Desa Munggu; 5) pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas tenaga kerja di Desa Munggu; 6) produktivitas tenaga kerja laki-laki sama dengan produktivitas tenaga kerja perempuan di Desa Munggu; 7) derajat kesehatan tenaga kerja tidak berpengaruh secara signifikan terhadap produktivitas tenaga kerja di Desa Munggu.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-11-28
How to Cite
ANAK AGUNG KETUT AYUNINGSASI, Ni Putu Eka Wahyuni,. PENGARUH KONSUMSI0ROKOK, PENDIDIKAN, DAN JENIS0KELAMIN TERHADAP DERAJAT KESEHATAN DAN PRODUKTIVITAS0TENAGA KERJA DI DESA0MUNGGU. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], v. 10, n. 11, p. 4689 - 4716, nov. 2021. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/76150>. Date accessed: 19 apr. 2024.