PENGARUH HARGA IKAN, PRODUKTIVITAS BIAYA OPERASIONAL DAN LOKASI USAHA TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG IKAN DI PASAR KEDONGANAN, KECAMATAN KUTA, KABUPATEN BADUNG

  • Ni Putu Mas Miranti Dewi Universitas Udayana

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh harga ikan, produktivitas biaya operasional dan lokasi usaha secara simultan berpengaruh terhadap pendapatan pedagang ikan di Pasar Kedonganan, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung. Menganalisis pengaruh harga ikan, produktivitas biaya operasional, dan lokasi usaha secara parsial terhadap pendapatan pedagang ikan di Pasar Kedonganan, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung. Untuk menganalisis variabel yang berpengaruh paling dominan terhadap pendapatan pedagang ikan di Pasar Kedonganan, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan metode probability sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukan bahwa harga ikan, produktivitas biaya operasional dan lokasi usaha secara simultan berpengaruh terhadap pendapatan pedagang ikan di Pasar Kedonganan, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung. Harga ikan, produktivitas biaya operasional dan lokasi usaha secara parsial berpengaruh positif terhadap pendapatan pedagang ikan di Pasar Kedonganan, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung. Produktivitas biaya operasional menjadi variabel paling dominan berpenggaruh terhadap pendapatan pedagang ikan di Pasar Kedonganan, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-05-20
How to Cite
DEWI, Ni Putu Mas Miranti. PENGARUH HARGA IKAN, PRODUKTIVITAS BIAYA OPERASIONAL DAN LOKASI USAHA TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG IKAN DI PASAR KEDONGANAN, KECAMATAN KUTA, KABUPATEN BADUNG. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], v. 11, n. 5, p. 1777 - 1806, may 2022. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/76045>. Date accessed: 24 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EEP.2022.v11.i05.p07.