PENGARUH UPAH MINIMUM DAN INVESTASI TERHADAP KETIMPANGAN DISTRIBUSI PENDAPATAN DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT KABUPATENKOTA DI PROVINSI BALI

  • I Gede Allen Sanjaya Universitas Udayana

Abstract

Kesejahteraan masyarakat merupakan salah satu tujuan pembangunan yang diharapkan oleh setiap daerah, tidak terkecuali bagi kabupaten/kota Provinsi Bali. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk menganalisis pengaruh upah minimum dan investasi terhadap ketimpangan distribusi pendapatan. (2) Untuk menganalisis pengaruh upah minimum, investasi dan ketimpangan distribusi pendapatan terhadap kesejahteraan masyarakat. (3) Untuk menganalisis apakah upah minimum dan investasi berpengaruh secara tidak langsung terhadap kesejahteraan masyarakat melalui ketimpangan distribusi pendapatan. Data yang digunakan adalah data sekunder, dengan jumlah titik pengamatan 54 titik pengamatan. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) upah minimum berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ketimpangan distribusi pendapat, sedangkan Investasi berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap ketimpangan distribusi pendapat. (2) upah minimum berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat. investasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap kesejahteraan masyarakat. Ketimpangan distribusi pendapatan tidak berpengaruh negatif namun tidak signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat. (3) upah minimum (X1) dan investasi (X2) tidak berpengaeuh secara tidak langsung terhadap kesejahteraan masyarakat (Y2) melalui ketimpangan distribusi pendapatan (Y1).


 


Kata kunci: upah, investasi, ketimpangan distribusi pendapatan, kesejahteraan masyarakat

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-01-17
How to Cite
ALLEN SANJAYA, I Gede. PENGARUH UPAH MINIMUM DAN INVESTASI TERHADAP KETIMPANGAN DISTRIBUSI PENDAPATAN DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT KABUPATENKOTA DI PROVINSI BALI. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], v. 10, n. 12, p. 4705 - 4737, jan. 2022. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/75548>. Date accessed: 25 apr. 2024.