PENGARUH MODAL, LAMA USAHA, DAN TEKNOLOGI TERHADAP PRODUKSI DAN KESEJAHTERAAN PENGERAJIN UKIRAN KAYU DI KECAMATAN MENGWI, KABUPATEN BADUNG

  • I Gede Krisna Gunawan Universitas Udayana

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh modal, lama usaha, dan teknologi terhadap produksi dan kesejahteraan pengerajin ukiran kayu di Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Provinsi Bali dengan jumlah sampel penelitian yaitu 54 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuesioner (angket), wawancara, dan wawancara mendalam. Uji hipotesis penelitian menggunakan teknik analisis jalur (Path Analysis) dan Uji Sobel untuk menganalisis pengaruh tidak langsung melalui variabel intervening. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modal, lama usaha, dan teknologi berpengaruh positif terhadap produksi. Modal, lama usaha, teknologi, dan produksi berpengaruh positif terhadap kesejahteraan pengerajin pada industri kerajinan ukiran kayu di Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung. Produksi sebagai variabel intervening yang memediasi pengaruh variabel modal, lama usaha, dan teknologi terhadap variabel kesejahteraan pengerajin pada industri kerajinan ukiran kayu di Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-01-17
How to Cite
GUNAWAN, I Gede Krisna. PENGARUH MODAL, LAMA USAHA, DAN TEKNOLOGI TERHADAP PRODUKSI DAN KESEJAHTERAAN PENGERAJIN UKIRAN KAYU DI KECAMATAN MENGWI, KABUPATEN BADUNG. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], v. 10, n. 12, p. 4799 - 4828, jan. 2022. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/73755>. Date accessed: 17 june 2024.