Pengaruh Pengeluaran Konsumsi Rumah Tangga, Tingkat Pendidikan, Investasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten/Kota Di Provinsi Bali

  • I Made Andi Supartawan Universitas Udayana
  • IdaAyu Nyoman Saskara Universitas Udayana

Abstract

Pertumbuhan ekonomi merupakan indikasi keberhasilan pembangunan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi menjadi salah satu indikator yang sangat penting untuk mengevaluasi hasil pembangunan dan mampu menyebabkan kesejahteraan bagi masyarakat. Pertumbuhan ekonomi yang baik bagi suatu negara adalah perekonomian yang selalu meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengeluaran konsumsi rumah tangga, tingkat pendidikan, dan investasi secara simultan dan parsial terhadap terhadap pertumbuhan ekonomi kabupaten/kota di Provinsi Bali. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang bersumber dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali dengan jumlah pengamatan sebanyak 81 pengamatan yang terdiri dari 9 cross section yaitu 9 kabupaten/kota serta time series selama 9 tahun pada periode 2011-2019. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan bantuan program Eviews 10 dengan metode analisis data panel. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa pegeluaran konsumsi rumah tangga, tingkat pendidikan, dan investasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Secara parsial pengeluaran konsumsi rumah tangga, tingkat pendidikan, dan investasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi kabupaten/kota di Provinsi Bali Periode 2011-2019.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-23
How to Cite
SUPARTAWAN, I Made Andi; SASKARA, IdaAyu Nyoman. Pengaruh Pengeluaran Konsumsi Rumah Tangga, Tingkat Pendidikan, Investasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten/Kota Di Provinsi Bali. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], v. 11, n. 3, p. 1045-1071, apr. 2022. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/73696>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EEP.2022.v11.i03.p10.