PENGARUH IMPOR, JUMLAH PRODUKSI DAN NILAI TUKAR TERHADAP KONSUMSI OLAHAN KEDELAI DI INDONESIA

  • Wiwin Patricia Universitas Udayana
  • djinar setiawina Universitas Udayana

Abstract

Sektor pertanian di Indonesia memegang peranan penting dalam menunjang perekonomian Indonesia. Subsektor pertanian yang dimiliki Indonesia, salah satunya pada subsektor tanaman pangan yang memiliki peranan penting dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional. Pada saat ini meningkatnya permintaan pangan terutama kedelai, membuat konsumsi kedelai di Indonesia sangat tinggi dibandingkan dengan jumlah produksi. Penelitian ini bertujuan yaitu untuk menganalisis pengaruh impor, jumlah produksi dan nilai tukar secara simultan terhadap konsumsi olahan kedelai di Indonesia, untuk menganalisis pengaruh impor, jumlah produksi dan nilai tukar secara parsial terhadap konsumsi olahan kedelai di Indonesia, untuk menganalisis variabel yang berpengaruh paling dominan terhadap konsumsi olahan kedelai di Indonesia. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data observasi non-partisipan. 


Kesimpulan dari penelitian ini sebagai berikut secara simultan menunjukkan bahwa impor, jumlah produksi dan nilai tukar berpengaruh signifikan terhadap konsumsi olahan kedelai di Indonesia, secara parsial menunjukkan bahwa impor tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap konsumsi olahan kedelai di Indonesia,  jumlah produksi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap konsumsi olahan kedelai di Indonesia, nilai tukar secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap konsumsi olahan kedelai di Indonesia, variabel nilai tukar adalah variabel yang berpengaruh paling dominan terhadap konsumsi olahan kedelai di Indonesia.


Kata kunci: Konsumsi Olahan Kedelai, Impor, Jumlah Produksi, Nilai Tukar

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-09-20
How to Cite
PATRICIA, Wiwin; SETIAWINA, djinar. PENGARUH IMPOR, JUMLAH PRODUKSI DAN NILAI TUKAR TERHADAP KONSUMSI OLAHAN KEDELAI DI INDONESIA. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], v. 11, n. 9, p. 3353-3383, sep. 2022. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/72989>. Date accessed: 23 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EEP.2022.v11.i09.p02.