FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PENGRAJIN INDUSTRI KERAJINAN PELINGGIH DI DESA TARO KECAMATAN TEGALLALANG

  • Anak Agung Diah Indira Sukawati, Sudarsana Arka Universitas Udayana

Abstract

 


Industri adalah suatu usaha atau kegiatan pengolahan bahan mentah atau barang setengah jadi menjadi barang jadi yang memiliki nilai tambah untuk mendapatkan keuntungan. Kecamatan Tegallalang merupakan salah satu sentra industri kerajinan dan perdagangan barang-barang kerajinan khas Bali. Salah satunya adalah kerajinan pelinggih. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh modal, tenaga kerja dan lama usaha secara simultan dan parsial terhadap pendapatan pengrajin industri kerajinan pelinggih di Desa Taro Kecamatan Tegallalang. Penelitian ini dilakukan di Desa Taro Kecamatan Tegallalang karena Desa Taro merupakan sentra industri kerajinan pelinggih di Kecamatan Tegallalang. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 114, menggunakan teknik proportional random Sampling. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara menggunakan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linier berganda.


Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa modal, tenaga kerja dan lama usaha secara simultan berpengaruh signifikan terhadap pendapatan pengrajin industri kerajinan pelinggih di Desa Taro Kecamatan Tegallalang. Secara parsial modal, tenaga kerja dan lama usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan pengrajin industri kerajinan pelinggih di Desa Taro Kecamatan Tegallalang.


Kata kunci: Modal, Tenaga kerja, Lama usaha, Pendapatan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-07-28
How to Cite
SUDARSANA ARKA, Anak Agung Diah Indira Sukawati,. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PENGRAJIN INDUSTRI KERAJINAN PELINGGIH DI DESA TARO KECAMATAN TEGALLALANG. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], v. 10, n. 7, p. 2690 - 2720, july 2021. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/72003>. Date accessed: 10 may 2024.