PENGARUH MODAL, TENAGA KERJA, MANAJERIAL, LOKASI USAHA, PENGGUNAAN E-COMMERCE TERHADAP PENJUALAN PEDAGANG FASHION KOTA DENPASAR

  • Putu Belza Meiliana Putri Universitas Udayana

Abstract

UMKM sektor perdagangan bidang fashion merupakan yang diminati di Kota Denpasar. Perbelanjaan untuk kebutuhan fashion baik busana maupun untuk menunjang style akan meningkat karena seseorang membeli busana karena kebutuhan dasar serta pergaulan. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial modal, tenaga kerja, manajerial, lokasi usaha dan penggunaan e-commerce terhadap penjualan pedagang bidang fashion di Kota Denpasar. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif crosstabs dan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil pengujian diketahui bahwa secara simultan variabel modal, tenaga kerja, manajerial, lokasi usaha dan penggunaan e-commerce berpengaruh signifikan terhadap penjualan pedagang bidang fashion di Kota Denpasar. Secara parsial variabel modal dan tenaga kerja secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap penjualan pedagang bidang fashion di Kota Denpasar. Pemilik usaha bidang fashion di Kota Denpasar menjadi manajer dalam mengelola usahanya memperoleh penjualan yang lebih tinggi dibandingkan dengan pemilik usaha yang menggunakan manajer atau orang kepercayaan dalam mengelola usahanya. Pedagang bidang fashion di Kota Denpasar yang berlokasi di klaster memperoleh penjualan lebih tinggi dibandingkan dengan yang berlokasi di luar klaster. Pedagang bidang fashion di Kota Denpasar yang menggunakan e-commerce memperoleh penjualan lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak menggunakan e-commerce.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-09-02
How to Cite
PUTRI, Putu Belza Meiliana. PENGARUH MODAL, TENAGA KERJA, MANAJERIAL, LOKASI USAHA, PENGGUNAAN E-COMMERCE TERHADAP PENJUALAN PEDAGANG FASHION KOTA DENPASAR. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], v. 11, n. 7, p. 2809-2837, sep. 2022. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/71834>. Date accessed: 24 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EEP.2022.v11.i07.p13.