PENGARUH TINGKAT INFLASI, JUMLAH TENAGA KERJA, DAN KURS DOLLAR AMERIKA TERHADAP EKSPOR PERIKANAN DI PROVINSI BALI

  • Andhika Surya Saputra Universitas Udayana
  • Sudarsana Arka Universitas Udayana

Abstract

Indonesia merupakan negara berkembang tidak terlepas dari perdagangan internasional yakni ekspor-impor. Kegiatan ekspor lebih memberikan nilai tambah bagi suatu negara dibandingkan dengan kegiatan impor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tingkat inflasi, jumlah tenaga kerja, dan kurs dollar Amerika secara simultan dan parsial terhadap ekspor perikanan di Provinsi Bali,  Data pengamatan yang digunakan yaitu data time series selama 20 tahun pada tahun 2000-2019. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.


Hasil analisis menemukan Inflasi, jumlah tenaga kerja, dan kurs dollar Amerika secara simultan berpengaruh signifikan terhadap ekspor perikanan di Provinsi Bali. Inflasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ekspor perikanan di Provinsi Bali, sedangkan jumlah tenaga kerja dan  kurs dollar Amerika berpengaruh positif dan signifikan terhadap ekspor perikanan di Provinsi Bali. Variabel yang  berpengaruh dominan terhadap ekspor perikanan di Provinsi Bali adalah jumlah tenaga kerja.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-02-23
How to Cite
SAPUTRA, Andhika Surya; ARKA, Sudarsana. PENGARUH TINGKAT INFLASI, JUMLAH TENAGA KERJA, DAN KURS DOLLAR AMERIKA TERHADAP EKSPOR PERIKANAN DI PROVINSI BALI. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], v. 11, n. 3, p. 1015-1043, feb. 2022. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/71638>. Date accessed: 24 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EEP.2022.v11.i03.p09.

Most read articles by the same author(s)