ANALISIS PENGARUH JUMLAH PRODUKSI, LUAS AREAL PANEN, DAN KURS DOLLAR AMERIKA TERHADAP EKSPOR NETTO TANAMAN BIOFARMAKA KELOMPOK RIMPANG DI INDONESIA

  • Luh Ade Dwi Widyaningrum, A.A. I.N. Marhaeni mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis universitas udayana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh secara simultan danparsial pada jumlah produksi, luas areal panen  dan kurs  dolar Amerika secara  simultan dan parsial terhadap ekspor netto tanaman biofarmaka di Indonesia. Tujuan yang lain adalah mengetahui variebel yang berpengaruh dominan terhadap ekspor netto tanaman  biofarmaka di Indonesia. Analisis regresi adalah teknik analisis yang digunakan. Sumberdata yang digunakan dalam penelitian ini adalah sekunder. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa jumlah produksi, luas areal panen dan kurs dolar Amerika secara simultan  berpengaruh   signifikan  terhadap   ekspor   netto tanaman biofarmaka di Indonesia. Variabel jumlah produki dan Iuas areal panen yang berpengaruh signifikan terhadap ekspor  netto tanaman biofarmaka  di  Indonesia, sedangkan  kurs dolar Amerika tidak berpengaruh signifikan terhadap ekspor netto tanaman biofarmaka di  Indonesia.  Variabel  yang  dominan  berpengaruh  terhadap  ekspor  netto tanaman biofarmaka di Indones ia adalah variabel jumlah produksi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-02-24
How to Cite
A.A. I.N. MARHAENI, Luh Ade Dwi Widyaningrum,. ANALISIS PENGARUH JUMLAH PRODUKSI, LUAS AREAL PANEN, DAN KURS DOLLAR AMERIKA TERHADAP EKSPOR NETTO TANAMAN BIOFARMAKA KELOMPOK RIMPANG DI INDONESIA. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 451 - 479, feb. 2021. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/64886>. Date accessed: 26 apr. 2024.